<p>Ilustrasi kondisi pada stasiun LRT Jakarta. / Dok. PT LRT Jakarta</p>
Nasional

Cegah Diskriminasi, LRT Jakarta Diminta Rekrut Disabilitas

  • Terdapat aturan yang menyatakan jika perusahaan wajib merekrut penyandang disabilitas paling sedikit 1% dari total seluruh pegawai.

Nasional

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - PT LRT Jakarta (Jakpro) diminta mengikutsertakan para penyandang disabilitas dalam perekrutan pegawai. Hal ini untuk mencegah diskriminasi di anak perusahaan BUMD PT Jakarta Propertindo tersebut. 

Imbauan tersebut disampaikan Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) DKI Jakarta, dikutip Antara, Senin 24 Juli 2023.  “Kan sudah ada aturan undang-undang terkait dengan mereka harus merekrut pegawai dari kalangan disabilitas. Jika itu belum dilakukan akan kami ingatkan” ujar Kepala Bidang Usaha Infrastruktur Pariwisata dan Kawasan BP BUMD DKI Jakarta, Budi Purnama.

Aturan terkait hal tersebut yaitu Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Dalam beleid tersebut, terdapat aturan yang menyatakan jika perusahaan wajib merekrut penyandang disabilitas paling sedikit 1% dari total seluruh pegawai. Aturan ini dapat dijadikan dasar dalam merekrut penyandang disabilitas.

Akses Disabilitas

Tidak hanya berperan sebagai pegawai, penyandang disabilitas selaku konsumen atau penumpang juga harus mendapat perhatian yang sama besarnya. Hal ini dapat dilihat dari adanya akses dan fasilitas untuk disabilitas yang berada di sarana dan prasarana LRT Jakarta. 

Hal ini supaya mereka dapat menggunakan transportasi umum tersebut dengan nyaman seperti lainnya. Salah satu bentuk fasilitas tersebut yaitu adanya space khusus bagi pengguna kursi roda. Terdapat pula petugas yang membantu penumpang dengan kebutuhan khusus untuk dapat naik dan turun saat menggunakan kereta LRT.

“Keberpihakan manajemen PT LRT Jakarta terhadap penyandang disabilitas masih terus dijaga” ujar Direktur Utama PT LRT Jakarta, Hendri Saputra. Wujud keberpihakan tersebut diimplementasikan dengan pelayanan yang memanusiakan dan memberikan rasa nyaman mereka.

Diketahui, PT LRT Jakarta pada Senin 24 Juli 2023 mengundang sekitar 30 anak berkebutuhan khusus guna menikmati perjalanan dengan kereta LRT. Perjalanan yang menempuh jarak 5,8 kilometer tersebut dilakukan dengan rute dari Stasiun Velodromo hingga Stasiun Pegangsaan Dua.