Waduh! Penggemar SEVENTEEN di Korea Selatan Rencanakan Boikot Konser, Ada Apa?
Hiburan

10 Album K-Pop Terlaris Sepanjang Masa Menurut Circle Chart

  • Kesuksesan luar biasa dari SEVENTEEN, Stray Kids, dan BTS merefleksikan daya tarik global K-Pop. Dengan terus mencetak rekor penjualan, K-Pop tidak hanya menjadi kekuatan dominan di dalam negeri, tetapi juga dalam kancah musik internasional.
Hiburan
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Dalam satu hingga dua tahun terakhir, industri K-Pop telah mencatatkan rekor baru dalam penjualan album. Fenomena di mana sebuah album terjual hingga lebih dari satu juta kopi sudah bukan kejadian langka lagi jika dibandingkan dengan era K-Pop satu dekade yang lalu. 

Tangga lagu nasional Korea Selatan, Circle Chat telah mendata 10 album K-Pop terlaris sepanjang masa. 

1. FML dari SEVENTEEN

Album terlaris ini dirilis pada 24 April 2023 dan telah melejit dengan penjualan mencapai 6,31 juta kopi hingga saat ini. SEVENTEEN dengan ketiga belas membernya berhasil mencatatkan prestasi membanggakan ini berkat kekuatan bermusik dan penggemar yang setia.

2. SEVENTEENTH HEAVEN dari SEVENTEEN

Masih menempati album terlaris di peringkat kedua, SEVENTEEN sukses nangkring berkat album "SEVENTEENTH HEAVEN”. Album ini dirilis pada 23 Oktober 2023 dan telah mencatatkan total penjualan mencapai 5,55 juta kopi.

3. ★★★★★ (5-STAR) dari Stray Kids

Posisi ketiga ditempati oleh Stray Kids. Boy grup yang didebutkan JYP Entertainment ini sukses menciptakan jejak kuat dengan album "★★★★★ (5-STAR) yang " dirilis pada 2 Juni 2023. Dengan total penjualan 5,25 juta kopi, Stray Kids berhasil membuktikan daya tarik mendalam mereka di dunia K-Pop.

4. Map of the Soul: 7 dari BTS

Bangtan Sonyeondan atau lebih dikenal sebagai BTS berhasil mengamankan posisi keempat dengan album berjudul "Map of the Soul: 7," yang dirilis pada 21 Februari 2020. Album ini telah terjual sebanyak 5,07 juta kopi, mencerminkan keberlanjutan popularitas grup ini di panggung internasional.

5. Map of the Soul: Persona dari BTS

BTS masih mengisi peringkat kelima dengan "Map of the Soul: Persona," yang dirilis pada 12 April 2019. Dengan penjualan mencapai 4,68 juta kopi, album ini menjadi satu lagi bukti kontribusi monumental BTS pada panggung K-Pop global.

6. ISTJ dari NCT DREAM

Merambah posisi keenam adalah "ISTJ" dari NCT DREAM yang dirilis pada 17 Juli 2023. Album ini memukau pasar dengan total penjualan mencapai 4,28 juta kopi, menegaskan posisi NCT DREAM dalam industri K-Pop.

7. ROCK-STAR dari Stray Kids

Stray Kids berhasil meraih posisi ketujuh berkat album mereka yang bernama "ROCK-STAR” Album ini dirilis pada 10 November 2023 dan telah terjual sebanyak 4,26 juta kopi. Pencapaian ini membuat Stray Kids memiliki album tiga album yang tercatat dalam sepuluh besar album terlaris menurut Circle Chat. 

8. Face the Sun dari SEVENTEEN

"Face the Sun" milik SEVENTEEN dirilis pada 27 Mei 2022 dan sukses menggenggam peringkat kedelapan. Dengan total penjualan 4,21 juta kopi, album ini mengokohkan posisi SEVENTEEN sebagai salah satu grup K-Pop paling laris.

9. BE dari BTS

BTS kembali memuncaki daftar ini dengan "BE," yang dirilis pada 20 November 2020. Album ini telah terjual sebanyak 3,81 juta kopi. Album ini disebut “BTS Banget” berkat keterlibatan semua membernya dalam keseluruhan konsep mulai dari musik, tampilan visual album dan promonya. 

10. MAXIDENT oleh Stray Kids

Pada posisi kesepuluh, "MAXIDENT" milik Stray Kids sukses nangkring dan menambah daftar panjang prestasi mereka. Album yang dirilis pada 7 Oktober 2022 ini berhasil mencetak total penjualan 3,58 juta kopi. Stray Kids terus memukau penggemar dengan karya-karya inovatif mereka.

Kesuksesan luar biasa dari SEVENTEEN, NCT Dream, Stray Kids, dan BTS merefleksikan daya tarik global K-Pop. Dengan terus mencetak rekor penjualan, K-Pop tidak hanya menjadi kekuatan dominan di dalam negeri, tetapi juga dalam kancah musik internasional.