Jaehyun NCT Prada
Hiburan

10 Idol K-Pop Paling Berpengaruh di Milan Fashion Week 2024

  • Kehadiran para bintang-bintang K-Pop ini tidak hanya terasa di tempat acara, tetapi juga tampak dalam angka MIV® (media impact value).
Hiburan
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Milan Fashion Week 2024 menampilkan gaya dan kepopuleran selebriti yang memukau, terutama para idola K-Pop yang menjadi sorotan dalam hal dampak media.

Milan Fashion Week (MFW) Fall 2024 memang telah rampung digelar namun dampaknya pada industri mode masih terasa hingga saat ini. Berlangsung pada Selasa, 20 Februari hingga Senin, 26 Februari lalu, MFW menyajikan busana terbaru untuk musim gugur dan dingin 2024-2025. 

Dikutip TrenAsia.com dari Koreaboo pada Kamis, 14 Maret 2024, menurut laporan dari Envi Media dengan data dari LaunchMetrics, kehadiran para bintang-bintang K-Pop ini tidak hanya terasa di tempat acara, tetapi juga tampak dalam angka MIV® (media impact value).

MIV® adalah data yang memberikan nilai uang pada setiap postingan, interaksi, atau artikel untuk mengukur dampaknya. 

Nah, berikut adalah 10 idol K-Pop yang memberikan kontribusi untuk merek yang mereka wakili. 

1. Jaehyun dari NCT

Jaehyun, yang sering muncul dalam iklan Prada, memperlihatkan pengaruhnya yang besar meskipun tidak hadir di acara tersebut. Keterlibatannya secara digital membawa MIV® yang mengesankan yaitu hingga tembus US$1,3 juta USD. Hal ini menunjukkan betapa populer dan berpengaruhnya Jaehyun di dunia mode.

2. Jeno dari NCT

Sebagai duta merek Ferragamo, Jeno juga memberikan dampak besar dengan postingan Instagram-nya senilai US$1,1 juta. Kombinasi antara popularitas Jeno dan penggunaan media sosial yang cerdas sangat berarti bagi acara tersebut.

3. Doyoung dari NCT

Doyoung, anggota NCT lainnya, memberikan kontribusi sebesar US$903 ribu untuk Dolce & Gabbana dengan satu keterlibatan saja. Peran serta online Doyoung sangat penting dalam memperluas jangkauan acara dan menunjukkan pengaruh NCT secara global.

4. Joy dari Red Velvet

Joy berhasil mengumpulkan MIV® sebesar US$1,9 juta, menunjukkan daya tarik besar artis Asia di industri mode. Kehadirannya di depan pada pertunjukan Tod's Fall Winter 2024 sangat berpengaruh.

5. ENHYPEN

ENHYPEN juga memberikan kontribusi dengan MIV® senilai $895 ribu, menunjukkan daya tarik grup K-Pop dalam skala global.

6. Jeon Somi

Jeon Somi menyumbang MIV® sebesar US$515 ribu, menunjukkan perkembangan idola K-Pop solo dalam dunia mode.

7. Sana dari TWICE

Sana berhasil mendapatkan MIV® sebesar $691 ribu. Kontribusinya menunjukkan betapa besar dampak bintang K-Pop pada acara mode.

8 dan 9. Hanni dari New Jeans dan Jay Park

Menjadi brand ambassador Gucci berhasil membuat Hanni menyumbang MIV® US$568 untuk sang merek. Selain itu, ada juga Jay Park yang berkontirbusi sebesar US$415 ribu untuk asal Firenze, Italia tersebut. 

10. Ningning dari Aespa 

Terakhir, ada Ningning dari Aespa yang berkontribusi MIV® dengan total US$568 ribu untuk Versace.