Porrentruy
Dunia

10 Kota Kecil yang Unik dan Layak Dikunjungi di Swiss

  • Alih-alih hanya berkunjung ke atraksi terkenal seperti Lucerne atau Montreux, berikut 10 kota yang memukau dengan populasi jauh di bawah 10.000 penduduk di Swiss.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Tidak sulit untuk menemukan banyak tempat yang bagus untuk dikunjungi di Swiss, sebagian besar berkat abad-abad netralitas Swiss. Alih-alih hanya berkunjung ke atraksi terkenal seperti Lucerne atau Montreux, berikut 10 kota yang memukau di Swiss, dengan populasi jauh di bawah 10.000 penduduk.

Estavayer-le-Lac

Ada banyak hal yang bisa dijelajahi jika Anda berhenti di kota yang indah di tepi danau ini dan melihat-lihat sekeliling. Estavayer terletak di tepi selatan Danau Neuchâtel, danau terbesar yang sepenuhnya berada di dalam wilayah Swiss, dan menawarkan pemandangan ke Pegunungan Jura. 

Anda akan menemukan sebuah kastil Savoie yang mengesankan yang menjaga tebing yang menghadap danau. Di dalam tembok kota yang dulu ada, terdapat sejumlah jalan berkerikil dan alun-alun yang penuh suasana.

Gruyères

Gruyeres (pocketwanderings)

Tempat inilah di mana keju lezat dari Swiss berasal. Tetapi permata kecil yang cantik ini jauh lebih dari sekadar namanya yang terkenal. Banyak orang menganggapnya sebagai salah satu kota paling cantik di Swiss. Berdirilah di alun-alun utama GruyèRes yang miring, Anda mungkin akan dimaklumi jika berpikir Anda berada di lokasi syuting film Hollywood.

Murten

Murten (expatica)

Akan sulit menemukan kota kecil yang lengkap di Swiss daripada Murten. Tidak hanya tembok yang melingkari hampir utuh, tetapi Anda juga dapat berjalan di sepanjang tembok dan melihat ke seberang atap. 

Ditambah lagi ada gerbang indah dengan menara jam, jalan utama dengan bangunan-bangunan melengkung, jalanan berkerikil yang wajib ada, dan semuanya terletak di samping danau yang cantik.

Saint-Ursanne

Dengan penduduk yang hampir mencapai seribu orang, Saint-Ursanne benar-benar cocok bagi mereka yang menyukai yang klasik dan manis. Tempat ini menyimpan banyak hal dalam ruang yang kecil. 

Selain deretan rumah dan jalan abad pertengahan, terdapat gereja dan biara yang elegan dari abad ke-12 serta gerbang kota yang besar. Lokasinya di tepi Sungai Doubs hanya menambah suasana romantisnya.

Porrentruy

Kota ini tersembunyi di sudut barat laut negara, hampir di perbatasan dengan Prancis, dan sebenarnya tidak terletak di jalur menuju mana pun. Memiliki nuansa yang sangat autentik di sekitarnya, dengan sentuhan gaya Galia pada bangunan-bangunan anggunnya dan sebuah kastil yang kokoh. Benar-benar tempat yang alami dan tenang untuk melarikan diri dari keramaian.

Stein am Rhein

Stein am Rhein (expatica)

Jika bangunan dengan lukisan dinding adalah hal yang Anda sukai, maka kota kecil ini di perbatasan Jerman akan membuat Anda terkesima. Berjalan-jalan di sekitar pusat bersejarahnya, Anda akan kagum bahwa hampir setiap rumah lain dihiasi dengan lukisan fresco yang rumit atau karya cat graffiti.

Bangunan yang tidak dihiasi dengan fresco masih berhasil menyatu dengan dinding kayu berbingkai atau atap bergaya gable. Kota ini populer untuk dijelajahi, dan jika Anda ingin kedapaian, Anda bisa pergi ke tepian Sungai Rhein.

Lenzburg

Lenzburg (expatica)

Schloss Lenzburg adalah jenis Kastil yang layak mendapat nilai C. Ini adalah campuran menara, gerbang, dan halaman abad pertengahan yang bisa dibuat oleh Brothers Grimm.

Appenzell

Jika Disneyland memiliki taman bertema Swiss, mungkin akan terlihat seperti Appenzell. Namun yang ini nyata. Di tengah bukit hijau yang membentuk kanton terkecil di Swiss adalah ibu kota kanton kecil dengan populasi hanya 6.000 orang. 

Dengan rumah-rumah kayu yang dicat cerah, jalan-jalan sempit, dan alun-alun yang mengundang. Ini adalah hal yang paling tradisional yang bisa didapatkan dari Swiss.

Willisau

Pusat kota pola dasar Swiss memiliki jalan utama yang luas yang dipenuhi dengan bangunan-bangunan indah dan di atasnya serta diiringi oleh gerbang kota yang mengesankan. 

Di ujung barat terdapat Obertor, versi yang lebih besar dari Untertor yang elegan di ujung jalan yang kecil namun megah. Di antara keduanya terdapat lebih banyak bangunan yang cantik daripada yang dapat Anda bayangkan.

Rapperswil

Cara terbaik untuk tiba di Rapperswil adalah dengan perahu dari Zurich. Semakin dekat Anda menenggak, semakin mengesankan hasilnya, dengan menara kastil dan gereja yang runcing memahkotai cakrawala. Berkumpul di sekitar bukit kastil, terdapat kota tua yang indah dengan pusat tanpa mobil dan promenade di tepi danau.