lubang.jpg
Sains

10 Lubang Runtuhan Terdalam di Bumi

  • Sinkhole terbentuk ketika batuan di bawah permukaan, seperti batu kapur, secara alami dapat larut oleh air tanah di dalamnya.

Sains

Amirudin Zuhri

JAKARTA-Sinkhole adalah keajaiban alam: Mereka bisa muncul tiba-tiba dan sangat besar, terkIndustri Manufaktur Masih jadi Pendorong Ekonomi Indonesia

Sinkhole terbentuk ketika batuan di bawah permukaan, seperti batu kapur, secara alami dapat larut oleh air tanah di dalamnya. Saat batu itu larut, gua-gua berkembang. Ketika gua-gua ini menjadi begitu besar sehingga tanah di atasnya tidak dapat lagi menopangnya hingga  permukaannya akan runtuh.

Beberapa lubang runtuhan telah ditemukan mengandung ekosistemnya sendiri. Bahkan  mungkin menampung spesies tumbuhan dan hewan yang belum ditemukan. Pada tahun 2022, para ilmuwan menemukan lubang runtuhan sedalam  192 meter yang berisi hutan purba dan tumbuhan lebat di China selatan.

Berikut adalah beberapa lubang runtuhan terbesar yang diketahui di Bumi, yang diukur berdasarkan kedalamannya.

1. Xiaozhai Tiankeng, China

Terletak di Kabupaten Fengjie di China, Xiaozhai Tiankeng — yang secara kasar diterjemahkan menjadi "Lubang Surgawi" — adalah lubang runtuhan terdalam di dunia. Kedalamannya 2 662 meter dan terbentuk di atas gua batu kapur Difeng, yang dibentuk oleh sungai bawah tanah yang masih mengalir di bawah lubang pembuangan.

2. Crveno Jezero (Danau Merah), Kroasia

Danau Merah adalah lubang runtuhan yang berisi danau karst. Sebuah danau yang terbentuk akibat runtuhnya gua di dekat kota Imotski, di Kroasia. Meskipun danau ini berwarna biru, namanya diambil dari tebing berwarna coklat kemerahan di sekelilingnya, yang ternoda oleh oksida besi. Sinkhole memiliki kedalaman sekitar  530 m dan berisi beberapa spesies ikan, termasuk ikan kecil berbintik (Delminichthys adspersus) yang terancam punah dan loach berduri Imotski (Cobitis illyrica).

3.Sima Humboldt dan Sima Martel Venezuela

Sima Humboldt adalah sinkhole besar yang terletak di puncak Cerro Sarisarinama, sebuah gunung dengan puncak datar di Negara Bagian Bolivar, Venezuela. Ini memiliki kedalaman  314 m dan berisi kawasan hutan di dasarnya. Sinkhole raksasa lainnya, yang disebut Sima Martel, terletak sekitar  700 m  dari pinggiran Sima Humboldt.

4. Dragon Hole,  Laut China Selatan

Dragon Hole atau Lubang Naga  juga dikenal sebagai Lubang Biru Yongle atau "mata" laut. Ini  adalah lubang biru sedalam  300 m di dekat Kepulauan Paracel di Laut Cina Selatan. Ditemukan pada tahun 2016 dan merupakan lubang biru terdalam yang diketahui di dunia. Lubang biru besar, gua vertikal bawah laut atau lubang runtuhan yang ditemukan di daerah pesisir. Mereka sering mengandung berbagai biota laut, mulai dari karang hingga hiu.

5. Lubang Biru Taam Ja', Meksiko

Lubang biru terbesar kedua di dunia - Taam ja ', yang berarti "air dalam" dalam bahasa Maya - ditemukan di lepas pantai Semenanjung Yucatán Meksiko pada tahun 2021, meskipun detail lubang pembuangan baru muncul tahun ini. Gua bawah air raksasa yang terletak di Teluk Chetumal ini memiliki kedalaman 274 m. Ini memiliki sisi curam dengan kemiringan hampir 80 derajat, dan mulut gua berada 4,6 m di bawah permukaan laut.

6. Berezniki (The Grandfather), Rusia

Sebagian besar sinkhole terbentuk secara alami, namun ada juga yang tercipta akibat aktivitas manusia. Kota Berezniki, Rusia, di Pegunungan Ural, telah dilanda lubang runtuhan selama beberapa dekade. Itu dimulai sebagai kamp kerja paksa dan dibangun di atas beberapa tambang kalium era Soviet.

Penggalian menjadikan ekstraksi garam yang mengandung kalium membuat tanah tidak stabil, menyebabkan keruntuhan. Sinkhole terbesar —dijuluki The Grandfather — dibuka pada Juli 2007 dan diperkirakan memiliki kedalaman 238 m.

7. Bayou Corne, Louisiana

Sinkhole Bayou Corne di Louisiana ditemukan pada tahun 2012 setelah berbulan-bulan aktivitas seismik yang tidak dapat dijelaskan di daerah tersebut. Itu terbentuk sebagai akibat dari runtuhnya gua kubah garam bawah tanah yang terhubung ke sumur industri terdekat, dan menyebabkan evakuasi kota Bayou Corne. Pada 2014, kedalamannya setidaknya  229 meter.

8. Lubang Biru Dean, Bahama

Dean's Blue Hole, yang memiliki kedalaman  202 m adalah lubang biru yang terletak tak jauh dari Long Island di Bahama. Sinkhole  yang dikelilingi oleh bebatuan, laguna, dan pantai putih  ini adalah hotspot penyelaman bebas. Ada beberapa lorong yang berjalan dari lubang biru utama yang mengarah ke sistem dan ruangan gua.

9. Sinkhole tambang tembaga, Chili

Sebuah lubang runtuhan besar terbuka di Chili pada Juli 2020. Lebarnya  32 m dan diperkirakan dalamnya sekitar  200 m Lubang runtuhan itu muncul di lokasi tambang tembaga Alcaparrosa, milik perusahaan Canadian Lundin Mining.

10. Lubang runtuhan misterius, China

Pada tahun 2022, para ilmuwan di Tiongkok mengumumkan penemuan lubang sedalam  192 m di Daerah Otonomi Guangxi Zhuang. Lubang ini  memiliki panjang  306 m dan lebar  150 m. Sangat besar sehingga ada hutan yang tumbuh di dalamnya.