artileri ukraina.jpg
Dunia

10 Negara Penyedia Bantuan Militer Terbesar untuk Ukraina

  • Ukraina tidak akan mampu bertahan tanpa bantuan militer dari negara lain. Dan  sering meminta sekutunya untuk menambah amunisi dan sistem pertahanan udara.

Dunia

Amirudin Zuhri

JAKARTA-Lebih dari dua tahun setelah invasi  Rusia ke Ukraina pada Februari 2022, tentara Ukraina masih diserang oleh infanteri, artileri, dan angkatan udara Rusia. Khususnya di front timur dan selatan.

Ukraina tidak akan mampu bertahan tanpa bantuan militer dari negara lain. Dan  sering meminta sekutunya untuk menambah amunisi dan sistem pertahanan udara.

Lantas negara mana yang paling mendukung Ukraina? The Kiel Institute for the World Economy (IFW) membuat daftar dan menghitung bantuan kemanusiaan, keuangan dan militer ke Ukraina. Penghitungan mencakup senjata, amunisi, dan peralatan yang telah dijanjikan dan dialokasikan ke Ukraina.

Kita lihat 10 negara yang memberikan bantuan terbesar kepada Kyiv yang kami kutip dari DW Jerman 1 Mei 2024.

1.  Amerika Serikat

Amerika Serikat telah berjanji dan memberikan bantuan militer terbanyak kepada Ukraina dalam perjuangannya melawan Rusia. Menurut IFW, pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah menjanjikan bantuan militer senilai lebih dari US$44,7 miliar atau sekitar Rp727 triliun (kurs Rp16.200)  ke Ukraina sejak Februari 2022.

Terakhir Amerika telah mengesahkan undang-undang bantuan militer termasuk untuk Ukraina. Selama 2024 ini bantuan yang akan diberikan mencapai US$61 miliar (sekitar Rp992 triliun).

2. Jerman

Dengan €17,7 miliar atau sekitar Rp307 triliun (kurs Rp17.340)  hingga saat ini, Jerman berada di urutan berikutnya dalam hal bantuan militer ke Ukraina.  Pada 30 April 2024 muncul laporan Jerman telah mengirimkan paket bantuan militer terbaru ke Kyiv. Bantuan tersebut mencakup berbagai kendaraan dan peralatan  untuk memperkuat kemampuan Ukraina dalam menghadapi serangan Rusia.

Paket bantuan tersebut terdiri dari berbagai aset militer, termasuk kendaraan lapis baja, amunisi untuk berbagai sistem seperti pertahanan antipesawat, radar, dan banyak lagi. Item penting dalam paket tersebut termasuk rudal permukaan ke udara, amunisi untuk tank, amunisi artileri, dan sejumlah kendaraan militer.

3. Inggris

Inggris baru-baru ini mengumumkan bantuan militer tambahan senilai setara dengan €2,9 miliar (Rp50 triliun). Ini menjadikan total komitmen militernya menjadi €9,1 miliar (Rp157 triliun). Menurut Kiel Institute jumlah yang setara dengan €4,8 miliar juga telah disediakan.

4. Denmark

Diukur berdasarkan produk domestik bruto (PDB), Denmark adalah salah satu donor bantuan militer terbesar. Negara kecil ini telah meningkatkan janjinya sebesar €3,5 miliar(Rp60 triliun) sejak November 2023. Dari €8,4 miliar (Rp145 triliun) bantuan militer yang telah dijanjikan, setidaknya €4,5 miliar telah dialokasikan.

5. Uni Eropa

Selain dukungan bilateral dari masing-masing negara anggota, Uni Eropa juga memiliki instrumen pendanaan di luar anggaran untuk memberikan bantuan militer ke Ukraina. Instrumen ini disebut sebagai Fasilitas Perdamaian Eropa (EFF).

Senjata, amunisi, dan peralatan senilai €5,6 miliar (Rp97 triliun) telah lama dijanjikan. Pada pertengahan Maret, setelah perdebatan selama berbulan-bulan, negara-negara anggota Uni Eropa setuju untuk menyediakan setidaknya €5 miliar lebih.

6. Belanda

Bantuan militer yang dijanjikan Belanda ke Ukraina berjumlah €4,44 miliar (Rp77 triliun). Pada awal Maret, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte dan Presiden Ukraina Zelenskyy menandatangani perjanjian keamanan yang juga mengalokasikan €2 miliar bantuan militer untuk tahun 2024.

7. Norwegia 

Mirip dengan Denmark, Norwegia juga menjanjikan sejumlah besar bantuan kepada Ukraina jika diukur dengan PDB negara tersebut. Negara ini menerapkan strategi multi-tahun sebagai bagian dari Program Dukungan Nansen untuk Ukraina. Ini  mencakup bantuan kemanusiaan dan militer. Negara paling utara di Eropa ini telah menjanjikan bantuan sebesar €3,8 miliar (Rp66 triliun). Dan €1 miliar di antaranya telah dialokasikan.

8. Polandia

Polandia, yang berbatasan dengan Rusia dan Ukraina adalah sekutu dekat Kyiv. Warsawa telah menjanjikan bantuan militer sekitar €3 miliar (Rp52 triliun). Negara ini juga menjadi pusat logistik penting untuk mentransfer bantuan militer Barat ke Ukraina.

9. Kanada

Kanada juga memiliki perjanjian keamanan dengan Ukraina. Negara ini telah  berjanji memberikan lebih dari €2 miliar bantuan militer pada akhir tahun 2024 ini. Kedua negara menandatangani perjanjian tersebut tahun ini, tepat pada peringatan kedua invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina.

10 Swedia

Swedia juga menjanjikan bantuan militer senilai lebih dari €2 miliar kepada Ukraina. Meskipun awalnya hanya berupa peralatan pelindung, kini sudah mencakup tank dan sistem senjata modern.