Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.
Gaya Hidup

10 Panduan Mengunjungi Masjid Sheikh Zayed Solo

  • Masjid Raya Sheikh Zayed Solo resmi dibuka untuk umum, Rabu 1 Maret 2023.

Gaya Hidup

Chrisna Chanis Cara

SOLO—Masjid Raya Sheikh Zayed Solo resmi dibuka untuk umum, Rabu 1 Maret 2023. Selain menjadi tempat ibadah yang megah, masjid pemberian Uni Emirat Arab (UEA) ini bakal menjadi destinasi wisata baru di Kota Bengawan.

Oleh karena itu, pengelola masjid membolehkan semua kalangan untuk mengunjungi masjid berarsitektur khas Timur Tengah tersebut. Pengelola memberikan sejumlah aturan untuk menjaga kenyamanan masyarakat dalam beribadah maupun beraktivitas di sekitar masjid. 

Berikut panduan mengunjungi Masjid Sheikh Zayed Solo yang dihimpun TrenAsia dari sejumlah sumber:

Jangan Makan di Area Steril

Pengunjung dilarang makan dan minum di area steril masjid. Selain bagian dalam masjid, area steril termasuk area suci di bagian selasar masjid yang ditandai dengan lantai berwarna putih. Larangan makan dan minum diterapkan untuk menjaga kebersihan masjid. Pengelola mempersilakan pengunjung makan di halaman masjid.  

Dilarang Membuka Jendela Masjid

Pengelola melarang pengunjung membuka jendela di semua lantai masjid. Hal ini karena suhu di dalam masjid sudah diatur sedemikian rupa untuk kenyamanan pengunjung. 

Menjaga Taman 

Pengelola melarang pengunjung menginjak-injak taman, tumbuhan maupun rumput yang ada di sekitar masjid. Hal itu untuk menjaga keasrian masjid.  

Dilarang Bawa Tikar

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, meminta pengunjung tidak membawa tikar dan lesehan di sekitar Masjid Sheikh Zayed. Hal ini untuk menjaga sirkulasi pengunjung dan mengantisipasi kesemrawutan di area masjid. 

Menutup Aurat untuk Nonmuslim

Pengelola membolehkan masyarakat nonmuslim untuk mengunjungi Masjid Sheikh Zayed Solo. Namun mereka perlu menutup aurat saat memasuki masjid. Perempuan dapat mengenakan kerudung. Saat ini masjid belum menyediakan kerudung untuk pengunjung. Warga dapat membelinya di pedagang di sekitar masjid.  

Jangan Merokok

Anda hobi merokok? Sebaiknya hentikan sementara kebiasaan tersebut saat berkunjung ke Masjid Sheikh Zayed Solo. Pengelola melarang pengunjung merokok di area masjid untuk menjaga kenyamanan bersama. 

Bawa Barang Seperlunya

Pengunjung diimbau membawa barang secukupnya untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan seperti pencurian. 

Jangan Bermain di Kolam Masjid

Pengunjung dilarang bermain air di kolam masjid, apalagi sampai masuk kolam dan berenang. 

Tidak Memberikan Tip 

Pengelola melarang pengunjung memberikan tip pada petugas masjid. Masjid juga tidak menyediakan kotak infak atau sumbangan. Seluruh biaya operasional masjid sudah ditanggung pihak UEA.

Naik Shuttle Bus

Pemkot Solo menyediakan shuttle bus untuk memfasilitasi wisatawan yang ingin mengunjungi Masjid Sheikh Zayed dari Terminal Tirtonadi dan Pura Mangkunegaran. Shuttle bus beroperasi setiap hari dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.