<p>Intiland Tower Jakarta. / Intiland.com</p>
Industri

10 Pengembang Properti Terbaik di Indonesia, Ada Dua Anak BUMN

  • BCI Asia kembali memberikan penghargaan untuk pengembang dan arsitek properti terbaik di Asia. BCI Asia memberikan penghargaan untuk pengembang dan arsitek di Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Industri
Reza Pahlevi

Reza Pahlevi

Author

JAKARTA – BCI Asia kembali memberikan penghargaan untuk pengembang dan arsitek properti terbaik di Asia. BCI Asia memberikan penghargaan untuk pengembang dan arsitek di Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Berdasarkan situs resminya, BCI Asia memberikan penghargaan untuk pengembang properti dengan proyek dalam konstruksi yang memiliki nilai agregat terbesar dalam satu tahun terakhir. Lalu, dipertimbangkan juga keberlanjutan dan nilai pembangunan hijau (Green building) pengembang tersebut.

Selain itu, proyek industrial, perkantoran, dan hotel juga akan mendapat nilai lebih tinggi dari BCI Asia. Efeknya dalam penilaian adalah pengembang yang memiliki proyek-proyek tersebut lebih mungkin masuk dalam Penghargaan 10 Terbaik.

Pemberian penghargaan 10 pengembang terbaik ini diberikan untuk setiap negara tempat BCI Asia beroperasi. Untuk di Indonesia, BCI Asia sudah merilis daftarnya pada Kamis, 27 Mei 2021.

Berikut adalah 10 pengembang properti terbaik Indonesia versi BCI Asia.

1. PT Intiland Development Tbk (DILD)

Pemberian penghargaan untuk PT Intiland Development Tbk (DILD) terutama berkat empat proyek terbaru mereka. Empat proyek ini adalah apartemen South Quarter Residence Tower E dan Tower D yang terletak di Jakarta Selatan. Lalu, perumahan Town House 1 Park Homes dan South Grove di Jakarta Selatan.

2. PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI)

PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) mendapat penghargaan berkat tiga proyeknya. Ada dua proyek perumahan, yaitu klaster Flavio Suvarna Sari dan klaster Dhana Suvarna Jati di Suvarna Sutera. Lalu, satu lagi adalah proyek apartemen LLOYD di kawasan Alam Sutera.

3. PT Ciputra Development Tbk (CTRA)

Perusahaan properti milik keluarga konglomerat Ciputra ini mendapat penghargaan BCI Asia untuk tiga proyeknya. Pertama, proyek perumahan klaster Silver Sand Citraland Tallasa City di Makassar. Kedua, proyek perumahan klaster Seine Citra Sentul Raya River Park di Sentul, Bogor. Ketiga, proyek apartemen Cornel Barsa City di Yogyakarta.

4. PT PP Properti Tbk (PPRO)

Anak usaha kontraktor pelat merah PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP) ini mendapat penghargaan untuk tiga towernya di proyek Grand Samaya, yaitu Aubrey, Verney, dan Rishley. Lalu, PPRO juga membangun hotel berbintang 4 di Lombok bernama Prime Park Hotel & Convention.

5. PT Jaya Real Property Tbk (JRPT)

Perusahaan properti milik Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta ini mendapatkan penghargaan untuk pembangunan revitalisasi Pasar Senen Jaya Blok 1 dan 2. Lalu, ada juga pembangunan perumahan U Ville dan ekstensi fase pusat perbelanjaan Bintaro Jaya Xchange di Bintaro Jaya.

6. Sinar Mas Land

Raksasa properti milik keluarga Widjaja ini mendapat penghargaan berkat tiga proyek di kawasan kota mandiri miliknya, BSD City. Ketiga proyek perumahan ini adalah klaster Aure & Amata, Provence Suites, dan Serene Living.

7. PT Summarecon Agung Tbk (SMRA)

Summarecon Agung mendapatkan penghargaan berkat pembangunan perumahan di tiga lokasi. Ketiga proyek perumahan tersebut adalah klaster Morizon fase 2 di Summarecon Bekasi, klaster Symphonia di Summarecon Serpong, dan klaster Emily di Summarecon Bandung.

8. SwanCity

SwanCity mendapatkan penghargaan untuk dua pembangunan klaster perumahan di Lavon SwanCity Cikupa, Tangerang. Dua klaster ini adalah Grandura dan Regalia.

9. PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN)

Penghargaan untuk Agung Podomoro diberikan berkat pembangunan empat proyek mereka. Pertama, klaster Amagriya Dwi dan Amagriya Eka di Podomoro Park, klaster Iroko di Podomoro Golf View: Podomoro River View, dan pembangunan fase 1 pusat perbelanjaan Taruma Shopping Arcade.

10. PT Wijaya Karya Realty

Perusahaan properti milik kontraktor pelat merah PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) ini mendapat penghargaan berkat pembangunan apartemen Tamansari Emerald dan klaster Ruma Limar di Tamansari Swarna Residence Palembang.  (RCS)