Nasional

10 Perusahaan Raksasa Ini Dimulai di Garasi

  • Dari raksasa teknologi seperti Apple dan Amazon hingga ikon Amerika seperti Walt Disney dan Barbie, memulai dari yang kecil dan berpikir besar adalah apa yang menempatkan perusahaan-perusahaan ini di peta!
Nasional
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Banyak perusahaan paling sukses dan inovatif di dunia saat ini terlihat sangat berbeda  daripada ketika awal dibangun. Dari raksasa teknologi seperti Apple dan Amazon hingga ikon Amerika seperti Walt Disney dan Barbie, memulai dari yang kecil dan berpikir besar adalah apa yang menempatkan perusahaan-perusahaan ini di peta! Bahkan sebagian dari mereka dilahirkan di garasi rumah.

Berikut 10 perusahaan raksasa yang dilahirkan di garasi mobil.

n rumah tempat Jeff Bezos memulai perusahaannya, Amazon, di Seattle, Washington/ Nikki Kahn/The Washington Post

Amazon

Pendiri Amazon Jeff Bezos memulai kerajaan e-niaganya di garasi rumahnya di Seattle pada tahun 1994. Apa yang dimulai sebagai toko buku online sederhana segera berkembang ke barang-barang lain, membuat perusahaan itu mendapat julukan "toko segalanya." Bezos mengklaim dia memilih nama Amazon untuk tokonya karena sungai terbesar di dunia ini  selaras dengan mimpinya untuk menjadikan tokonya sebagai toko buku terbesar di dunia.

Bezos tidak hanya mewujudkan mimpinya.  Dia bahkan telah menjadikannya salah satu orang terkaya dalam sejarah dengan kekayaan bersih sekitar US$130 miliar. 

Walt Disney, pencetus film animasi full-length terkenal, bekerja di papan gambarnya.

Disney

Walt Disney memulai usaha animasi pertamanya dengan saudaranya Roy di garasi pamannya pada 1920-an di Los Angeles. Disney Brothers Cartoon Studio segera memperluas ruang garasi kecil dan pindah ke kantor kecil di dekatnya. Selama waktu ini, Disney mengerjakan ilustrasi terkenal seperti Oswald the Lucky Rabbit, Alice Comedies, dan Mickey Mouse yang ikonik.

Pada tahun 1929, studio tersebut bergabung  dengan nama Walt Disney Productions yang menandatangani kontrak dengan Columbia Pictures untuk membuat tiga kartun di Technicolor. Putri Salju dan Tujuh Kurcaci mengikutinya pada tahun 1934. Itu adalah fitur animasi pertama dalam bahasa Inggris dan Technicolor dengan biaya produksinya mencapai US$1,4 juta. Itu lebih dari US$20 juta hari ini.

Microsoft Altair 8800, komputer pertama yang dirancang oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tahun 1975/ SSPL

Microsoft

Bill Gates dan Paul Allen pertama kali memulai perusahaan komputer mereka Microsoft di sebuah garasi kecil di Albuquerque, New Mexico pada tahun 1975. Pada tahun 1987 Microsoft sukses besar, menjadikan Bill Gates yang berusia 31 tahun sebagai miliarder termuda di dunia. Gates dan Allen memulai perusahaan mereka dengan membuat perangkat lunak untuk model komputer pertama mereka, Altair 8800.

Setelah melisensikan beberapa perangkat lunaknya kepada raksasa teknologi IBM, Microsoft akhirnya dapat mengungkap komputer pribadi pertamanya ke dunia pada tahun 1981. Sepanjang tahun 80-an dan 90-an, Microsoft tumbuh dan terus menjadi komponen penting dari modern. komputer, perangkat lunak, dan smartphone.

Lilin dipajang di toko perusahaan Yankee Candle/ LightRocket 

Perusahaan Lilin Yankee

Saat Natal tahun 1969, Mike Kittredge yang berusia 16 tahun tidak mampu membelikan hadiah untuk ibunya. Sebagai gantinya, dia melelehkan krayon untuk membuat lilin buatan sendiri. Tak lama kemudian, tetangga dan teman tertarik dengan lilin buatan Kittredge dan dia mulai membuatnya di garasinya. Pada awal 1970-an, Yankee Candle Company membuka toko ritel kecil – yang kini telah berkembang menjadi lebih dari 30.000 pengecer di seluruh dunia.

Rumah dan garasi masa kecil Steve Jobs, tempat ia dan Steve Wozniak menciptakan komputer Apple/ Kevork Djansezian

Apple 

Pada tahun 1976, Steve Jobs mendirikan Apple Inc. di garasi rumah masa kecilnya di California. Jobs dan mitra bisnisnya Steve Wozniak dan Ronald Wayne mulai mengembangkan model komputer pertama mereka Apple I, yang seluruhnya dibuat dengan tangan oleh Wozniak. Keberhasilan Apple lepas landas dalam semalam, dan antara 1977 dan 1980, penjualan tumbuh ke tingkat tahunan rata-rata 533%.

Apple terus berinovasi, dan produknya adalah apa yang kita kenal dan sukai saat ini: ramping, ramping, dan mulus. Apple Steve Jobs meninggal pada 2011, tetapi warisannya tetap hidup di salah satu perusahaan teknologi terbesar dan tersukses di dunia.

Roket mainan "Spoutnik" Mattel/ Bettmann/Getty Images 

Mattel

Pembuat mainan  Mattel memuali  di garasi pada tahun 1945. Pendiri Ruth dan Elliot Handler, dan Harold "Matt" Matson datang bersama-sama untuk berinovasi membuat mainan imajinatif bagi anak-anak. Mattel'

Hit besar pertama Mattel, Uke-A-Doodle, diluncurkan pada tahun 1947. Segera setelah itu, Magic 8 Ball memikat anak-anak dan orang dewasa.

Mainan Mattel yang paling sukses tiba  pada tahun 1959 dengan kelahiran Barbie. Barbie terus menjadi karakter yang disukai anak-anak saat ini, dengan model-model baru  dalam ukuran, warna kulit, pekerjaan, dan latar belakang budaya.

Rumah tempat pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin menyewa garasi untuk mendirikan Google/ : Justin Sullivan/Getty Images 

Google

Google sendiri mengklaim   berkembang dari "garasi menjadi Googleplex" sejak Larry Page dan Sergey Brin mendirikan mesin pencari terkenal pada tahun 1998. Saat bersekolah di Universitas Stanford, Page dan Brin membangun mesin pencari mereka dari kamar asrama sampai investasi dari raksasa di Silicon Valley membantu Google pindah dari asrama ke garasi pinggiran kota.

Saat ini Google lebih dari sekadar mesin pencari. Aset perusahaan Google termasuk YouTube, FitBit, penyimpanan cloud yang komprehensif, layanan email, dan bahkan ponsel dan laptop.

Replika gudang tempat William Harley dan Arthur Davidson memulai perusahaan sepeda motor mereka./  AaronP/Bauer-Griffin/GC .

Harley Davidson

Pendiri Harley-Davidson, William Harley dan Arthur Davidson memimpikan sebuah motor kecil yang dapat dipasang pada rangka sepeda biasa, yang mereka sebut "sepeda motor", pada tahun 1903. Prototipe aslinya tidak begitu bagus, tetapi tahun berikutnya sepeda motor mereka memenangkan 4 perlombaan sepeda motor lokal.

Ketika kesuksesan tumbuh, Harley-Davidson pindah dari bengkel gubuk kayu kecilnya ke pabrik pertamanya. Pada tahun 1906, pabrik memproduksi 50 sepeda motor, tetapi jumlah itu berlipat ganda dari tahun ke tahun. 

Ketika Perang Dunia I pecah, Harley-Davidson memproduksi 20.000 sepeda motor untuk dikirim ke pasukan di luar negeri, dan tambahan 90.000 diproduksi untuk Perang Dunia II. Hari ini Harley-Davidson adalah salah satu perusahaan sepeda motor paling terkenal di dunia, ikon sejati dari inovasi Amerika.

Richard Branson di Virgin Mega Store Record Shop, sekitar tahun 1979/ : Bill Rowntree/Mirrorpix

Virgin

Pendiri Virgin Music yang eksentrik Richard Branson selalu memiliki jiwa wirausaha. Ketika dia baru berusia 16 tahun, Branson putus sekolah untuk mendirikan majalah budaya remajanya sendiri Student, yang terjual ribuan eksemplar. Pada tahun 1969, Branson tinggal di hostel pemuda yang dikelilingi oleh dunia musik di London. Gaya hidupnya memicu ide untuk membuat toko kaset pesanan melalui pos yang dia sebut Virgin.

Apa yang dimulai sebagai bisnis mail-order sederhana it uterus tumbuh. Dengan keuntungannya, Branson mendirikan Virgin Records, sebuah studio rekaman dan label. Virgin Records menandatangani banyak ikon tahun 80-an termasuk Sex Pistols, Culture Club, Rolling Stones, dan Genesis.

Saat ini, Virgin adalah organisasi dinamis yang terdiri dari Virgin Airlines, Virgin Mobile, dan usaha terbaru Branson: Virgin Galatic. Sebuah  perusahaan kedirgantaraan dengan harapan dapat menciptakan industri pariwisata luar angkasa.

James Dyson dengan salah satu model vakum pertamanya/ Fiona Hanson – PA Images

Dyson

James Dyson semakin frustrasi dengan vakumnya yang terus kehilangan daya isapnya. Kemudian  dia memutuskan untuk melakukan sesuatu. Begitu dia membongkar vakum, dia menyadari bahwa teknologi yang dia ciptakan untuk sebuah pabrik juga bisa bekerja untuk vakum baru yakni  menciptakan siklon yang menangkap debu dengan gaya sentrifugal. Dyson membutuhkan waktu lima tahun dan lebih dari 1.000 prototipe yang dibangun di garasinya untuk menghasilkan vakum Dyson miliknya sendiri.

Saat ini, Dyson telah merevolusi peralatan rumah tangga dengan penyedot debu canggih, pembersih udara, kipas angin, pemanas, dan bahkan pengering rambut, berkat desain siklon yang dipatenkan.