Sejumlah ruas jalan tol baru selesai dan dapat dioperasikan di akhir 2021/ Dok. Kementerian PUPR</p>
Nasional

10 Ruas Tol Baru Jokowi yang Siap Beroperasi Akhir 2021

  • Sejumlah ruas tol bikinan kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal rampung dan beroperasi di penghujung tahun 2021 mendekati hari libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA – Sejumlah ruas tol bikinan kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal rampung dan beroperasi di penghujung tahun 2021 mendekati hari libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian melalui Komisi Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) memastikan selesainya pembangunan jalan tol yang termasuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) akan membantu peningkatan konektivitas antar wilayah, baik kawasan industri, pariwisata, bandara serta pelabuhan.

Dilansir dari media sosial KPPIP, Senin, 13 Desember 2021, ada dua ruas jalan tol yang sudah selesai sepenuhnya dan siap beroperasi di penghujung tahun 2021 di antaranya, Jalan Tol Cinere-Serpong sebagai pelengkap jaringan JORR II dan menghubungkan sentra ekonomi sepanjang Cinere, Serpong, Pamulang, Ciawi dan Bogor.

Kemudian Jalan Tol Manado-Bitung yang sudah rampung 100% memiliki panjang keseluruhan mencapai 39,85 kilometer (km). Berkat Jalan Tol Manado-Bitung yang memiliki 2 seksi ini bisa memangkas waktu tempuh perjalanan menjadi 1,5 jam saja. Sehingga diharapkan mampu memberikan daya saing investasi dan pertumbuhan ekonomi di Kawasan Sulawesi Utara.

Berikut 10 ruas jalan tol yang beroperasi seluruhnya atau sebagian di penghujung akhir tahun 2021:
Seluruh ruas:
1. Tol Cinere-Serpong
2. Tol Manado-Bitung

Sebagian:
1. Cileunyi-Sumedang-Dawuan Seksi 1,2,3
2. Cibitung-Cilincing Seksi 2,3
3. Serang-Panimbang  Seksi 1
4. Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1
5. Sigli-Banda Aceh Seksi 2
6. Padang-Pekanbaru (Ruas Pekan Baru-Bangkinang)
7. Bengkulu-Taba Penanjung
8. Binjai-Langsa (Seksi Binjai-Stabat)