IMG_20220216_175158.jpg
Gaya Hidup

10 Sirkuit MotoGP dengan Lintasan Terpanjang, Punya Inggris Memimpin

  • 10 Sirkuit MotoGP dengan Lintasan Terpanjang, Punya Inggris Memimpin

Gaya Hidup

Liza Zahara

JAKARTA – Pada perhelatan balap MotoGP 2022 terdapat 21 seri balapan yang digelar dan tahun ini Indonesia diberi kesempatan untuk menjadi tuan rumah olahraga satu ini.

Sirkuit menjadi hal yang penting dan krusial bagi balap MotoGP sehingga fasilitasnya perlu diperhatikan sangat ketat. Tentunya diimbangi dengan kualitas yang dibangun agar pemain maupun penonton bisa menikmati acara dengan nyaman dan aman. 

Tapi, tahukah Anda terdapat sirkuit MotoGP tahun ini yang memiliki lintasan terpanjang di antara sirkuit lainnya.  Berikut TrenAsia.com rangkum sepuluh sirkuit MotoGP dengan lintasan terpanjang untuk Anda.

1. Silverstone Circuit

foto: Sirkuit Silverstone/ Tangkapan layar

Silverstone Circuit dikatagorikan sebagai sirkuit MotoGP terpanjang menurut kalender MotoGp 2022. Panjang sirkuit ini ialah 5.900 meter (m) sehingga tidak heran berada diurutan pertama di antara sirkuit lainnya. 

Sirkuit terpanjang ini berlokasi di Liverstone, Inggris dan menjadi rumah Grand Prix Britania yang diselenggarakan pertama kali pada tahun 1948.

2. Sepang International Cirkuit

Foto: Sirkuit Sepang, Malaysia/ Tangkapan layar

Sepang International Circuit merupakan milik negara tetangga Indonesia yakni Malaysia tepatnya di Sepang, Selangor. Panjang lintasan Sirkuit Sepang ini sepanjang 5.543 meter dengan memiliki komplek sirkuit.

Di dalam komplek sirkuit ini terdapat berbagai fasilitas seperti  hotel, pusat perbelanjaan, lapangan golf, dan juga fasilitas olahraga lainnya.

3. Circuit of the Americas

Foto: Circuit of the Americas

Diurutan ketiga, ada Circuit of the Americas yang memiliki lintasan panjang pada MotoGP 2022 yaitu 5.515 m berlokasi di Kota Austin, Texas, Amerika Serikat.

Diketahui, lintasan balap ini merupakan hasil dari kreasi perancang sirkuit terkenal di dunia Herman Tilke.

4. Losail International Circuit

Foto: Losail International Circuit/ Tangkapan layar 

Sirkuit dengan lintasan panjang selanjutnya ialah Losail International Circuit yang berlokasi di Doha, Qatar dengan panjang lintasan 5.400 m.

Sirkuit ini terletak di gurun Qatar, dibangun kurang lebih satu tahun dengan memperkerjakan 1000 orang selama 24 jam dan menghabiskan dana 58 juta US Dolar.

5. MotorLand Aragon

Foto: Motorland Aragon Circuit/Tangkapan layar

Sirkuit satu ini tercatat memiliki panjang lintasan 5.344 m yang terletak dekat kota Alcaniz Spanyol.

Sirkuit Motorland Aragon dikenal juga dengan nama Ciudad del Motor de Aragón yang mulai dibangun pada tahun 2009 dan dirancang oleh arsitek asal Jerman Herman Tilke.

6. Autodromo Internazionale del Mugello

Foto: Autodromo Internazionale de Mugello/Tangkapan layar

Berlokasi di Scarperia e San Piero, Toskana, Italia, sirkuit ini memiliki panjang lintasan 5,245 m. Sirkuit ini dibangun pada tahun 1974 dengan memiliki 15 belokan berkapasitas tempat duduk 50,000.

7. Termas de Rio Hondo

Foto: Termas de Rio Hondo/Tangkapan layar

Sirkuit Termas de Rio Hondo berada di Argentina yang memiliki panjang lintasan 4.805 m menjadikan sirkuit ini berada diurutan ketujuh. 

Sirkuit Termas de Rio Hondo ini berjarak enam kilometer dari pusat kota Termas de Rio Hondo, Provinsi Santiago del Estero yang dibangun pada 2007 di atas tanah seluas 150 hektar.