Rendang (sasa.co.id)
Destinasi & Kuliner

11 Makanan Lezat Saat Rayakan Idulfitri

  • Sudah menjadi kebiasaan bagi orang Indonesia untuk merangkul semangat hari raya Muslim ini dengan persiapan makanan yang rumit.
Destinasi & Kuliner
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Setelah menjalani sebulan puasa  umat Muslim di seluruh dunia akan menyambut hari raya Idulfitri. Ini adalah momen untuk bersukacita dan berkumpul bersama dengan lingkaran terdekat dan anggota keluarga.

Sudah menjadi kebiasaan bagi orang Indonesia untuk merangkul semangat hari raya Muslim ini dengan persiapan makanan yang rumit.

Diawali dengan tukar menukar kue lebaran dan bingkisan lainnya kepada rekan, sahabat, dan keluarga tersayang sejak 2 minggu sebelum Lebaran, atau Hari Raya Idul Fitri. Persiapan kemudian dilanjutkan dengan dapur yang sibuk, mengepul dengan memasak seharian untuk memastikan semuanya siap di pagi hari Lebaran.

Sebagai negara dengan adat istiadat dan budaya yang beragam, setiap pulau memiliki berbagai hidangan penting yang disiapkan secara intens, untuk menyambut gelombang tamu yang datang untuk merayakan hari libur istimewa ini.

Dan inilah rangkumannya, 10 makanan paling favorit di Hari Raya!

Ketupat

Ketupat (nu.or.id)

Ketika kalian melihat banyak orang di jalanan menjual daun kelapa muda yang berwarna hijau kekuningan, itu adalah salah satu tanda pasti Lebaran sudah di depan mata. Ada yang menjualnya dalam bentuk lembaran terpisah, sementara yang lain menawarkan ketupat segar berbentuk berlian yang siap dimasak.

Bentuk ikonik ini kemudian akan diisi dengan butiran beras. Kemudian direbus dalam air atau santan untuk menambah cita rasa, rebus sekitar 4-5 jam hingga matang, sehingga membentuk bungkus kue beras yang lezat. Ketupat yang sudah matang ini akan dijemur/tiriskan hingga siap disajikan.

Opor

Opor (sasa.co.id)

Dengan bahan utama ayam, dimasak sampai dalam keadaan juicy dalam santan kelapa yang dibumbui dengan campuran rempah-rempah seperti serai, lengkuas, ketumbar, dan banyak lagi. Ini dimasak dengan api kecil selama sekitar 40 menit sampai kalian tergoda oleh aroma harumnya.

Makanan yang benar-benar menggugah selera ini adalah pasangan yang sempurna untuk ketupat yang gurih, dengan beberapa kerupuk warna-warni dan bawang goreng renyah sebagai topping.

Semur

Semur (blibli)

Daging sapi dimasak dalam kuah cokelat tua, yang terbuat dari kecap manis dengan tambahan bumbu seperti bawang putih, pala, tomat, dan cengkeh. Hasilnya adalah semur yang gelap dan juicy yang bahkan lebih sempurna dengan sedikit cabai yang baru digiling! Semur juga populer disajikan dengan ayam, kentang wedges, dan santan untuk menambah variasi.

Sambel Goreng Ati

Sambel Goreng Ati (cookpad/mama azka kitchen)

Sumber karbohidrat lain untuk hidangan ini adalah campuran pedas dari potongan kentang goreng berbentuk dadu, hati sapi, dan banyak cabai yang baru digiling. Dalam variasi lain, kalian bisa tidak menggunakan hati sapi dan menggantinya dengan bakso ukuran marmer atau bahkan membuat versi lezat udang goreng yang disajikan bersama hingga menjadi hidangan yang tak bisa kalian tolak.

Sayur Labu Siam

Sayur Labu Siam (blibli)

Menu sayuran yang paling umum di meja Lebaran adalah Labu Siam yang dicampur dengan santan pedas. Kuah pedas yang lezat pasti akan meleleh sempurna di mulut kalian bersama dengan cita rasa gurih opor dan ketupat. Hati-hati, karena satu porsi mungkin membuat kalian untuk menambah lagi dan lagi.

Rendang

Rendang (sasa.co.id)

Kalian pasti sudah taka sing dengan menu ini. Hidangan ini awalnya diciptakan oleh orang Minangkabau, masakan ini membutuhkan setidaknya 4 jam untuk dimasak sempurna, dan hingga 6 jam jika kalian benar-benar ingin teksturnya kering.

Lantas, ap aitu bahan utama dalam resepnya?

Ya, santan kental. Konon salah satu resep terbaik membutuhkan 3 buah kelapa utuh untuk 1 kilogram daging sapi. Proses memasak lambat membuat hidangan Rendang bisa bertahan selama berhari-hari, sehingga menjadi salah satu makanan paling umum yang bisa kalian temukan di Lebaran untuk menyambut para tamu!

Serundeng

Serundeng Daging (warisankuliner)

Serundeng adalah hidangan pelengkap yang terbuat dari kelapa parut. Hidangan ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Biasanya, serundeng juga dapat diolah bersama dengan bahan lain, seperti daging sapi atau ayam.

Nastar

Nastar (cookpad)

Kue khas hari raya juga menjadi tren di acara-acara spesial seperti Lebaran. Nastar menyimpan kejutan berupa pasta nanas manis yang dibungkus dengan adonan lembut berwarna keemasan yang terbuat dari tepung terigu, gula pasir, dan telur. Dengan berbagai bentuk bulat, oval, dan seukuran gigitan raksasa, Nastar pasti menjadi salah satu barang terlaris saat hari raya.

Oh ya, saat ini varian rasa dalam nastar ada banyak, lho! Bukan hanya rasa nanas saja, melainkan ada cokelat sampai stroberi.

Kastangel

Kastangel (tokopedia)

Tidak ada yang lebih lengkap daripada berkata cheese dengan gigitan renyah Kastangel. Sebuah perpaduan dari camilan Belanda-Indonesia, yang juga dikenal sebagai Kaasstengels, yang artinya adalah jari-jari keju. Terutama disukai oleh para penggemar makanan gurih, kue-kue berbentuk stik ini pasti sempurna untuk camilan ringan bersama minuman favorit.

Putri Salju

Putri Salju (wikipedia)

Putri Salju, makanan ini memiliki lapisan bubuk gula yang menyerupai salju pada kue berbentuk bulan sabit ini. Saat ini, bentuk Putri Salju bermacam-macam, mulai dari yang sedikit bulat hingga persegi. Kue ini diciptakan untuk memanjakan setiap bagian dari selera manis kalian.

Satu gigitan jelas tidak cukup, apalagi dengan kejutan kacang renyah yang kadang-kadang ditemukan di tengahnya. Ketika kalian mencapai dasar toplesnya, sangat tak tertahankan untuk menjulurkan jari dan melanjutkan menikmati bubuk gulu yang manis itu!

Lapis Legit

Lapis Legit (sajiansedap)

Seperti Namanya, kue ini sangat legit di tiap gigitan. Ini adalah salah satu kue paling bergengsi yang selalu ditampilkan dalam merayakan tonggak sejarah dan menyambut hari raya besar di Indonesia adalah Lapis Legit. Dibuat dengan hati-hati dengan teknik terampil melapisi beberapa adonan tipis dengan warna emas kecoklatan gelap dan terang, kue lembab ini pasti merupakan suguhan yang mewah.

Nah, sebenarnya masih ada banyak daftar makanan lezat yang bisa kalian temukan di atas meja saat Hari Lebaran Indonesia. Di Indonesia sendiri, libur lebaran sangat meriah dan dirayakan setidaknya selama dua hari penuh dengan tetangga yang berkunjung dan beberapa kerabat jauh, yang tentunya akan menyambut kalian dengan hidangan khas mereka tahun ini.

Jadi, pastikan kalian harus mencicipi semuanya dan cari tahu apa saja makanan Indonesia favorit baru kalian. Semoga, liburan Lebaran kalian semua bahagia dan menyenangkan!