<p>Pengunjung melintas di area Pondok Indah Mall (PIM), Jakarta Selatan, Selasa, 20 April 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

11 Mal di Jakarta Jadi Sentra Vaksinasi COVID-19 untuk Pekerja dan UKM

  • Asosiasi Pengelola Pusat Belanja (APPBI) DPD DKI Jakarta menyebut sebanyak 11 pusat perbelanjaan menyediakan sentra vaksinasi COVID-19.

Nasional
Reky Arfal

Reky Arfal

Author

JAKARTA – Asosiasi Pengelola Pusat Belanja (APPBI) DPD DKI Jakarta menyebut sebanyak 11 pusat perbelanjaan menyediakan sentra vaksinasi COVID-19.

Sebelas sentra vaksinasi ini akan menyasar pekerja/karyawan di mal serta pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Ketua APPBI DPD DKI Jakarta Ellen Hidayat mengungkapkan pendirian sentra vaksinasi di 11 mal merupakan kerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM, serta Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

“Pengelola pusat belanja sejak awal telah membuka diri dan menyatakan kesiapannya sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi COVID-19,” ungkap Ellen dalam keterangan resmi, dikutip Selasa 20 April 2021.

Sebelas mal yang menjadi sentra vaksinasi COVID-19 tersebut di antaranya, Senayan City, Kota Kasablanka, Lippo Mall Puri, Mall Taman Anggrek, dan Pondok Indah Mall.

Kemudian, Ellen juga menyebut Mal Artha Gading, Mall of Indonesia, Blok M Plaza, Gandaria City, Lippo Mall Kemang, dan Emporium Pluit Mall sebagai sentra vaksinasi COVID-19.

Selain itu, APPBI juga mempersiapkan sentra vaksinasi di 28 pusat perbelanjaan lainnya. Tambahan sentra baru diharapkan bisa memenuhi pemberian vaksin khususnya kepada pekerja pusat perbelanjaan.

“Dari 85 mal anggota APPBI, kami telah memiliki data dibutuhkan sekitar 95.700 kuota vaksin,” kata Ellen.

Ellen menjelaskan karyawan yang bekerja di pusat perbelanjaan termasuk kelompok garda terdepan yang banyak berinteraksi dengan publik.

Dengan demikian, mereka merupakan kelompok prioritas seperti yang diamanatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI Jakarta Sri Haryati menuturkan pihak pemerintah provinsi akan menyiapkan kebutuhan vaksin secara gratis bagi sentra vaksinasi tersebut.

Sementara itu, pengelola mal mengatur kebutuhan program vaksinasi sesuai dengan standar yang berlaku, seperti tenaga kesehatan, sarana mini ICU, ambulans, peralatan dan perlengkapan kesehatan standar sentra vaksinasi, dan sebagainya.

“Sebuah sinergi dan kolaborasi yang sangat baik dan sangat dibutuhkan di tengah kondisi seperti saat ini,” katanya lagi.

Seremonial peresmian pembukaan sentra vaksinasi dilakukan di Emporium Pluit Mall. Sentra ini menyediakan 4.500 dosis vaksin yang diberikan kepada UKM binaan DKI Jakarta, karyawan Emporium Pluit Mall, dan karyawan dari beberapa mal di Jakarta Utara. (LRD)