Ilustrasi keluarga sedang membersihkan rumah
Rumah & Keluarga

11 Tips dan Trik Agar Rumah Anda Selalu Bersih dan Rapi

  • Cuka putih murni adalah pembersih yang efektif untuk menghilangkan noda pada peralatan stainless steel. Semprotkan cuka pada permukaan dan gosoklah dengan kain microfiber.
Rumah & Keluarga
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Setiap orang tentu saja menginginkan rumah yang bersih, rapi, dan nyaman untuk ditinggali. Namun, untuk mencapai ini, diperlukan usaha dalam hal pembersihan, perawatan, dan organisasi secara teratur. 

Untuk membantu Anda mencapai rumah impian Anda, TrenAsia.com telah merangkum 11 tips dan trik agar rumah Anda selalu bersih dan rapi dari berbagai sumber.

1. Lakukan Pembersihan Rutin

Lakukan pembersihan satu ruang kecil pada satu waktu. Fokuslah pada membuang barang-barang yang sudah kadaluarsa dan evaluasi barang-barang yang benar-benar diperlukan dalam rumah Anda.

2. Patuhi Jadwal Pembersihan

Buat daftar tugas mingguan, bulanan, dan tahunan untuk membantu Anda mengatur jadwal pembersihan. Menjadi disiplin dengan jadwal yang telah Anda buat bisa sangat membantu Anda menjaga rumah untuk selalu rapi.

4. Bersihkan Noda pada Peralatan Stainless Steel dengan Cuka Putih

Cuka putih murni adalah pembersih yang efektif untuk menghilangkan noda pada peralatan stainless steel. Semprotkan cuka pada permukaan dan gosoklah dengan kain microfiber.

5. Gunakan Sistem Kategori untuk Mengorganisir Pantry dan Kulkas

Kategorikan makanan dalam zona tertentu di dalam pantry dan kulkas untuk memudahkan dalam mengatur dan mencari makanan.

6. Gunakan Garam dan Air Lemon untuk Membersihkan Furniture di Luar Rumah

Campurkan garam dengan air lemon untuk membersihkan meja dan kursi luar rumah. Anda juga dapat meninggalkan peralatan yang dilumuri garam di bawah sinar matahari untuk membersihkan noda secara alami.

7. Membersihkan Microwave dengan Uap

Untuk menyegarkan microwave Anda, cukup didihkan satu cangkir air dalam mangkuk dengan irisan lemon atau satu cangkir cuka putih murni. Panaskan dalam waktu yang lama hingga larutan mendidih, dan biarkan uap bekerja selama setidaknya lima menit sebelum membuka pintu.

8. Membersihkan Pecahan Kaca dengan Mudah

Ketika kaca pecah, utamakan keselamatan terlebih dahulu. Pakailah sepatu Anda dan jauhkan semua orang sampai kaca hilang. Gunakan sendok masak untuk mengambil serpihan besar atau pakailah sarung tangan tebal. 

Sapulah sebanyak mungkin kaca yang masih ada di lantai atau karpet. Kemudian gunakan sepotong roti segar, kentang yang sudah diiris, beberapa lapis handuk basah, atau rol pelepas bulu untuk mengambil serpihan kaca yang tersisa.

9. Rapikan Tempat Tidur Anda 

Tempat tidur yang dirapikan dengan baik dapat memiliki dampak yang dramatis pada tampilan dan suasana ruangan. Selain membuat ruangan terlihat lebih rapi dan teratur, tempat tidur yang rapi juga menciptakan suasana istirahat yang nyaman. 

Tidur di tempat tidur dengan sprei yang rapi dan selimut yang terlipat rapi daripada di tempat tidur dengan sprei kusut dan selimut yang tergulung-gulung juga tentunya bisa membuat Anda merasa lebih nyaman. 

10. Manfaatkan Ruang Vertikal di Lemari Pakaian Anda

Untuk membuat lemari pakaian kamar yang kecil menjadi lebih fungsional, Courtney Finley dari Organized Designs merekomendasikan untuk mengelompokkan pakaian dan aksesori dalam kategori-kategori tertentu. Dan jangan lupa untuk memaksimalkan penyimpanan vertikal juga.

"Manfaatkan ruang gantungan vertikal dengan menggunakan gantungan bertumpuk atau investasikan dalam penyimpanan gantung," katanya. "Pasang rak rak yang dapat disesuaikan atau sistem lemari modular yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan Anda, dan pertimbangkan untuk menambahkan kait di bagian dalam pintu lemari untuk ruang gantungan tambahan."

11. Bersihkan dan Atur Ulang Garasi Anda

Meskipun garasi berguna untuk penyimpanan, namun ruang kosong ini juga dapat dengan cepat menjadi tempat pembuangan barang-barang tambahan. Todd Lamson, direktur operasi franchise di The Junkluggers menawarkan tips-tips ini untuk membentuk kembali ruang tersebut.

"Membuang barang-barang lama atau tidak terpakai adalah cara sederhana untuk membantu Anda fokus pada pengaturan ulang apa yang paling penting," katanya. 

"Menambahkan beberapa lemari atau rak yang kokoh tentu dapat membantu mengatur rumah Anda. Misalnya, palet kayu di dinding bagus untuk menggantung peralatan taman yang ringan di garasi, dan rak handuk kamar mandi bekas sangat cocok untuk mengatur kabel listrik."