Stray Kids
Hiburan

12 Lagu Stray Kids yang Dekat dengan Kehidupan Sehari-hari

  • Stray Kids merupakan boy grup yang sering memproduksi lagu-lagu yang memiliki elemen hip-hop, trap, dan R&B. Karena jenis musik yang mereka usung ini, musik mereka sering kali dianggap berisik oleh non-fans.
Hiburan
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Para K-Popers pasti sudah tidak asing dengan boy grup besutan JYP Entertainment (JYPE) ini. Stray Kids merupakan boy grup asal Korea Selatan yang dibentuk melalui acara reality show survival pada tahun 2017. Proyek ini bertujuan untuk meluncurkan idola pria yang kini dikenal sebagai Stray Kids.

Stray Kids merupakan boy grup yang sering memproduksi lagu-lagu yang memiliki elemen hip-hop, trap, dan R&B. Karena jenis musik yang mereka usung ini, musik mereka sering kali dianggap berisik oleh non-fans.

Namun, jangan salah. Di balik musiknya yang berisik, lagu-lagu dari Stray Kids ini ternyata memiliki makna yang mendalam dan berkaitan dengan kehidupan. Berikut lagu dari Stray Kids yang relate dengan kehidupan.

Hellevator

Hellevator dirilis pada 2017, yang mana saat Stray Kids masih berjuang untuk debut melalui program survival ‘Stray Kids.’ Hellevator sendiri diambil dari dua kata, Hell dan Elevator. Kata hell yang mengacu pada neraka dan elevator merupakan simbol perjalanan menuju kebahagiaan yang baru.

Lagu ini menceritakan tentang perjuangan seseorang yang tersesat tetapi berusaha mencoba keluar dari rasa sakit dengan harapan. Dalam lagu ini, digambarkan masa-masa yang penuh kegelapan, dengan keringat dan air mata untuk meraih mimpinya. 

Jadi, rasa sakit ataupun keterpurukan yang kita rasakan saat itu bisa kita gunakan untuk menuju fase kehidupan yang baru seperti misalanya cita-cita.

Secret Secret

Lagu ini merupakan salah satu bagian dari album NOEASY, dan liriknya ditulis oleh HAN Stray Kids, yang mana lagu ini mengandung makna akan rahasia yang dimiliki oleh setiap orang.

Sebagian dari rahasia tersebut tidak bisa mereka bagi dengan orang lain. Mereka juga sering merasa bahwa membicarakan hal tersebut dengan orang lain tidak membantu untuk meredakan perasaan mereka.

Melalui lagu ini, idol bernama lengkap Han Jisung ini berusaha untuk menyampaikan kepada seluruh pendengarnya, bahwa dirinya juga mengalami hal yang serupa. Menyimpan rahasia sendirian dapat meningkatkan perasaan kesepian, karena hal ini membuat kita berpikir bahwa tidak ada orang yang benar-benar memahami kita.

Silent Cry

Lagu ini menceritakan bahwa memaksakan diri untuk terlihat baik-baik saja bukanlah hal yang baik. Silent Cry merupakan karya yang dihasilkan oleh 3 Racha yang terdiri dari Bang Christopher Chan selaku leader Stray Kids, Seo Changbin, dan Han Jisung.

Melalui lagu Silent Cry, Stray Kids ingin menyampaikan pesan bahwa jangan menjadi satu-satunya orang yang terluka dan belajarlah bercerita tentang kesedihan yang sedang dialami.

Lost Me

Lost Me merupakan B-side dari album Stray Kids Japan dengan single utama The Sound. Penulis lirik dan komposer dari lagu ini adalah Changbin. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sedang mencari jati diri ketika kehilangan cinta, dan akhirnya pun memutuskan untuk mencari seseorang yang menerima dirinya apa adanya.

Scars

Sesuai dengan judulnya, scars artinya luka. Lagu ini berkisah tentang seseorang yang menghadapi kehidupan dengan penuh perjuangan dan pengorbanan yang tidak mudah, bahkan kerap kali terjatuh dan terluka dalam menjalani kehidupannya tersebut. Namun, disisi lain tetap memilih untuk memercayai diri sendiri untuk tetap baik-baik saja dan bertahan.

Hal ini tergambar dari liriknya nan do mo taore so ni naru kedo. Hitori te o nobashi hitori tachiagaru, yang artinya adalah ‘ada banyak kali aku hampir jatuh, mengulurkan tanganku sendiri, berdiri kembali sendiri.’

Thunderous

Lagu ini memiliki pesan penting agar tetap fokus mengejar tujuan dan untuk tidak memperdulikan apa yang orang lain omongkan. Di sini, Stray kids meminta kita untuk terus berusaha keras dan membuktikan bahwa kita yang akan berhasil mencapai tujuan itu.

Any

Any adalah lagu yang menggambarkan tentang situasi di mana seseorang terpaksa harus menghadapi keadaan yang sulit pada waktu tertentu. Stray Kids dengan bijaksana menyampaikan lirik yang mencerminkan kenyataan menyedihkan, bahkan pertanyaan mudah tidak dapat dijawab dengan “ya” atau hanya dengan “tidak.”

Stray Kids mengungkapkan rasa frustrasi mereka melalui lirik, seperti, “Saya melakukan apa yang saya inginkan, tetapi saya tidak dapat melakukan apa yang saya inginkan. Saya memiliki banyak pemikiran, tetapi saya tidak dapat melakukan apa yang saya pikirkan.”

Grow Up

Lagu ini menceritakan bahwa dalam kehidupan seseorang pasti akan menemui hal yang tidak sesuai harapan, dan hal tersebut adalah wajar.

Melalui lagu Grow Up, Stray Kids berpesan untuk berhenti menyalahkan diri sendiri, karena sebenarnya kita telah melakukan yang terbaik.

Slump

Lagu ini menggambarkan perasaan seseorang yang merasa ditinggalkan atau terlupakan oleh orang lain. Mereka merasa bahwa banyak hal telah ditinggalkan dalam kehidupan mereka, dan meskipun mereka ingin berhenti di tempat itu, waktu terus bergerak maju.

Mereka merasa sendirian dan takut terhadap masa depan yang tidak pasti. Mereka mencoba untuk berubah dan menjadi lebih percaya diri, namun merasa tertinggal oleh orang lain yang terus maju.

Keseluruhan pesan yang disampaikan pada lagu ini adalah perasaan ketidakpastian, kehilangan, dan keinginan untuk tetap bersama orang yang mereka cintai di tengah ketidakpastian.

Surfin

Surfin menggambarkan seseorang yang bekerja keras dalam kondisi yang sulit, seperti di luar panas, dan sering mengatakan bahwa mereka baik-baik saja, meskipun sebenarnya itu adalah kebohongan. Mereka merasa bahwa semua usaha keras mereka hanya menghilangkan keringat seperti air mata yang tidak berarti.

Meskipun mereka memiliki banyak masalah, mereka merasa bahwa laut bukanlah salah satu masalah itu. Kemudian, mereka merasa segar saat berada di dekat angin laut, tetapi mereka tidak bisa melepaskan perasaan yang mereka rasakan. 

Akhirnya, mereka meminta seseorang untuk mengajari mereka bagaimana mengatasi atau menghadapi perasaan mereka dengan lebih baik. Kesimpulan dari lagu ini yaitu, Anda atau kita semua sedang di titik lelah dengan kegiatan sehari-hari seperti bekerja dan butuh waktu untuk istirahat, liburan, menjernihkan pikiran. 

Voice

Pada tahun 2018, Stray Kids merilis video klip untuk single kedua dari mini album “I am WHO” yang berjudul Voices. Lagu ini menggambarkan perasaan seseorang yang merasa sangat terganggu oleh suara-suara dan pendapat orang lain yang terus menghakimi dan mengkritik. 

Mereka merasa bahwa suara-suara tersebut begitu bising dan mengganggu sehingga membuat mereka kesal. Mereka menolak untuk dipengaruhi oleh harapan kosong orang lain dan merasa muak dengan suara-suara yang terus berbicara dan menghakimi.

Pacemaker

Dirilis pada tahun 2020, Pacemoker menceritakan seseorang yang memberikan dukungan dan keyakinan kepada orang yang mereka cintai untuk mencapai mimpinya. Ia berbicara kepada orang tersebut agar tidak merasa khawatir atau ragu untuk melanjutkan perjalanan hidup, walau berat dan banyak rintangan di sepan. Dia menegaskan bahwa ia akan selalu ada di samping orang tersebut, membimbing dan memberikan dukungan.

Itulah beberapa lagu Stray Kids yang relate dengan kehidupan, dan dapat Anda masukkan dalam playlist. Dari lagu tersebut, manakah yang menjadi favorit Anda?