Ribuan mobil pribadi dan bus berisi pemudik antre menaiki kapal sehingga menimbulkan kemacetan sepanjang jalan menuju Pelabuhan Merak, Banten, Kamis 20 April 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

12 Ribu Kendaraan Kekurangan Saldo e-Toll, Arus Mudik jadi Terhambat

  • PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatatkan ada sebanyak 12.209 kendaraan kekurangan saldo di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang. Di GT Kalikangkung, pengguna jalan membayar tarif tol dari Cikampek menuju Semarang pada mudim mudik 2023.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatatkan ada sebanyak 12.209 kendaraan kekurangan saldo di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang. 

Di GT Kalikangkung, pengguna jalan membayar tarif tol dari Cikampek menuju Semarang pada musim mudik 2023.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, jumlah tersebut adalah 3,97% dari total 306.980 kendaraan yang melakukan transaksi di GT Kalikangkung.

“Dengan adanya waktu penundaan tersebut, kami mencatat rata-rata penurunan kapasitas transaksi gardu tol di GT Kalikangkung sebesar -5 persen per jam. Yang semula dalam 1 menit kami bisa melayani transaksi hingga lima kendaraan, jika pengguna jalan kurang saldo dan harus melakukan top up di gardu tol, maka 1 menit akan hanya bisa melayani satu kendaraan saja,” imbuh Lisye dalam keterangannnya dilansir pada Rabu, 26 April 2023.

Maka dari itu Lisye mengingatkan, pengguna jalan pada arus balik terutama dari arah Semarang menuju Jakarta, harus menyiapkan e-toll dengan saldo minimal sebesar Rp500.000. Sedangkan untuk pengguna jalan dari Surabaya, agar menyiapkan e-toll dengan saldo minimal sebesar Rp800.000.

Tak hanya saldo e-toll Jasa Marga mengimbau, pengguna jalan dapat memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan, di antaranya BBM dan memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi prima.

Saat memasuki GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk mematuhi rambu dan arahan petugas karena gangguan sekecil apapun yang terjadi akan berdampak pada arus lalu lintas yang ada dan mengakibatkan antrean kendaraan.

Hindari perjalanan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus balik yang diprediksi jatuh pada Senin-Selasa, 24-25 April 2023, dan Minggu-Senin, 30 April-1 Mei 2023 untuk menghindari penumpukan kendaraan.

Pemerintah bersama Jasa Marga turut mengimbau pengguna jalan yang tidak ada keperluan mendesak, untuk dapat menghindari puncak arus balik dengan menunda/mengundurkan perjalanan kembali ke Jabotabek pada hari Rabu, Kamis, Jumat (26-28 April 2023) guna perjalanan yang lebih nyaman.

Jasa Marga juga menyiapkan diskon tarif tol sebesar 20% untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta dengan saldo setelah diskon sebesar Rp297.600 yang berlaku pada Kamis, 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB.