Gaya Hidup

13 Binatang Ini Memiliki Pangkat Tinggi di Dunia Militer

  • JAKARTA-Dalam dunia militer, pangkat adalah sesuatu yang penting. Semakin tinggi pangkatnya, tentu saja dia semakin dihormati. Naik pangkat adalah hal yang tidak hanya ditunggu, tetapi harus diperjuangkan. Yang harud dipahami, tidak hanya manusia yang berkarier di dunia militer. Sejak lama, binatang juga telah andil besar dalam dunia keras ini. Lantas apakah mereka juga berhak mendapatkan […]

Gaya Hidup
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Dalam dunia militer, pangkat adalah sesuatu yang penting. Semakin tinggi pangkatnya, tentu saja dia semakin dihormati. Naik pangkat adalah hal yang tidak hanya ditunggu, tetapi harus diperjuangkan.

Yang harud dipahami, tidak hanya manusia yang berkarier di dunia militer. Sejak lama, binatang juga telah andil besar dalam dunia keras ini. Lantas apakah mereka juga berhak mendapatkan pangkat?

Entah peduli atau tidak, mereka juga mendapatkan pangkat, medali dan juga penghargaan lain. Sama seperti manusia, binatang ini akan mendapatkan pangkat dan medali sesuai apa yang merek lakukan. Beberapa dari mereka bahkan pangkatnya sangat tinggi.

Berikut adalah binatang militer paling mengesankan dan berpangkat tinggi sepanjang masa:

Nils Olav

Penguin Nils Olav berjalan memeriksa barisan Penjaga Raja Norwegia setelah ia menjadi knighted/Reuters

Nils Olav,  adalah penguin berpangkat kolonel dan maskot resmi dari Royal Guard Norwegia. Pada tahun 2008, ia menjadi knighted yang diberikan Raja Harald V. Penguin asli bernama Nils Olav pertama kali bertugas pada tahun 1972, dan dinamai untuk menghormati dua warga Norwegia: Nils Egelien dan King Olav V.  Ini maskot hidup tingkat tinggi di Kebun Binatang Edinburgh, di tempat yang sesuai dengan pangkatnya.

King Neptunus

Monumen mengenang King Neptunus

King Neptunus adalah seekor babi dan awalnya bernama Parker Neptunus. Dia menerima promosi menjadi King  Selama Perang Dunia II ketika dia dijual ke perekrut Angkatan Laut Illinois. Meskipun awalnya dimaksudkan untuk disajikan saat makan malam, Angkatan Laut malah membuatnya menjadi bintang dengan mempromosikannya menjadi King dan mengirimnya tur untuk menjual obligasi perang.

Dia mengenakan mahkota dan selimut Navy dan akan berdiri di panggung sebagai bagiannya “dilelang” ke penawar tertinggi. Pada akhirnya,  King Neptunus membantu mengumpulkan lebih dari US$ 19 juta untuk Angkatan Laut!

Ketika ia meninggal pada 1950, ia menerima pemakaman Angkatan Laut dengan kehormatan militer penuh.

Sersan Mayor Fosco

Sersan Pertama Chris Lalonde (tengah) dengan anjing militer, Sersan Mayor Fosco saat terjun dari ketinggian 12.500 kaki di Fort Leonard Wood, Mo. 18 September 2009/US Army

Sersan Mayor Fosco adalah salah satu anjing militer pertama yang menyelesaikan lompatan di udara dengan dibawa oleh pawangnya. Anjing pekerja militer secara tradisional diberikan satu peringkat lebih tinggi dari pawang mereka, sebagai pengingat bahwa pawang harus selalu memperlakukan hewan mereka dengan hormat. Anjing ini menyandang pangkat seseorang yang setidaknya menjalani karir 20 tahun penuh!

Sersan Staf Reckless

Reckless dengan pengurus utamanya, Sersan Marinir Joseph Latham/ Wikimedia Commons

Sersan Staf Reckless adalah kuda paket Marinir selama Perang Korea. Dia dibeli di Korea dan membawa persediaan dan amunisi untuk Marinir 5/1 Recoilless Rifle Platoon.

Dalam sebuah pertempuran, ia melakukan 51 perjalanan solo  untuk memasok kembali garis-garis dan membawa orang-orang yang terluka ke tempat yang aman. Selama waktunya dalam dinas, dia menerima promosi menjadi sersan, dia menerima dua Purple Hearts, dan medali Good Conduct.

Dia adalah kuda pertama yang diketahui telah berpartisipasi dalam pendaratan amfibi. Setelah perang, Reckless dibawa kembali ke Amerika dan dipromosikan menjadi sersan staf. Sebuah patung logam untuk menghormatinya baru-baru ini diresmikan di Camp Pendleton.

Sersan Chesty XIV

Korps Marinir Amerika mengawal maskot Korps marinir saat ini, Sgt. Chesty XIII ( kanan) dan Chesty XIV di Marine Barracks Washington 24 Mei 2013 / Wikimedia Commons

Sersan Chesty XIV, diambil dari nama Chesty Puller  yang sangat dihormati, adalah maskot resmi Korps Marinir saat ini. Dia memiliki medali Pertahanan Nasional seukuran anjingnya.

Dia juga memiliki tanggung jawab sersan, seperti melatih marinir yunior. Private Chesty XV adalah maskot magang Marine Corps.

Sersan Mayor Jiggs/Wikipedia

Sersan Mayor Jiggs

Sersan Mayor Jiggs adalah maskot Bulldog Marine Corps. Pemiliknya adalah Mayor Jenderal Smedley Butler yang terkenal – satu-satunya Marinir yang mendapatkan dua Medali Kehormatan. Jiggs memulai kariernya pada tahun 1922  dan maju melalui jajaran untuk mencapai E-9.

Kopral Dua Billy Windsor

Kopral Dua Billy Windsor

Kopral Dua Billy Windsor adalah kambing anggota Angkatan Darat Inggris yang digaji di Resimen Royal Welsh. Dia juga mendapat mess kopral serta harus mendapat hormat dari bawahan. Namun, kambing itu diturunkan pangkatnya menjadi fusilier pada 2006 setelah insiden menanduk seorang drummer di Batalyon 1.

Sinbad/Wikimedia Commons

Sinbad, Anjing Kepala

Sinbad, Anjing Kepala adalah anggota tamtama Penjaga Pantai Amerika selama 11 tahun dan melihat pertempuran selama Perang Dunia II. Dia bertugas di Pengawal Penjaga George W. Campbell. Awalnya pawangnya bermaksud memberi anjing itu kepada kekasihnya sebagai hadiah, tetapi segera menemukan bahwa dia tidak akan bisa menjaganya.  Akhirnya dia menjadi anggota resmi dari para awak kapal.

Sersan Mayor Big Deuce dan Kopral Short Round berdiri bersama sesama Prajurit dari Batalion 2, Artileri Lapangan ke-2/US Army

Sersan Mayor Big Deuce VI

Sersan Mayor Big Deuce VI, keledai maskot resmi Angkatan Darat Amerika, pensiun setelah 20 tahun bertugas. Angkatan Darat telah lama menggunakan keledai sebagai maskot karena ini mengingatkan bagaimana binatang-binatang itu sangat kuat memindahkan pasokan Angkatan Darat, seperti howitzer dan amunisi. 2-2nd FA Battalion “Mule Soldiers” telah memiliki maskot bernama Big Deuce sejak tahun 1950.

Selama 20 tahun kariernya, Sersan Mayor Big Deuce VI menerima beberapa promosi, tetapi pawangnya melaporkan bahwa ia diturunkan jabatannya dua kali dan menerima beberapa Pasal 15 karena mencoba untuk desersi dan menyerang petugas yang ditugaskan dalam komandonya.

Corporal Short Round V

Corporal Short Round V

Corporal Short Round V adalah kambing maskot milik Angkatan Darat Amerika, yang mengiringi maskot keledai mereka Big Deuce di acara-acara resmi.  Dia telah pensiun, dan digantikan oleh Private Short Round VI, yang memiliki upacara pelantikannya di Fort Sill pada tahun 2018.

Sgt. 1st Class Boe, kanan dan Sgt. 1st Class Budge,

Sersan 1st Class Boe dan Sgt. 1st Budge

Sersan 1st Class Boe dan Sgt. 1st Class Budge adalah anjing terapi pertama yang dilatih untuk dikerahkan ke Irak pada tahun 2007. Budge akhirnya terjangkit kanker dan meninggal pada tahun 2010. Sebuah upacara peringatan diadakan untuknya di Fort Gordon, Georgia. Sementara Boe dipindahkan ke Fort Benning, Georgia.

Sersan Master Maverick

Sersan Master Maverick

Sersan Master Maverick adalah anjing terapi terlatih yang bekerja dengan VetDogs Amerika. Sejak 2009, ia telah ditugaskan di klinik Traumatic Brain Injury di Eisenhauer Army Medical Center.

Sersan Stubby

Sersan Stubby

Sersan Stubby, anjing itu diadopsi oleh 102nd Infantry Regiment Angkatan Darat Amerika dan diselundupkan ke Prancis selama Perang Dunia I. Dia dilatih untuk mengangkat cakarnya sebagai tanda hormat, yang mengamankan tempatnya sebagai maskot resimen.

Stubby membantu unitnya di parit dengan mengendus serangan gas beracun dan peringatan artileri yang masuk. Dia pernah membantu menangkap dan memenjarakan mata-mata Jerman, di mana dia menerima medali untuk kepahlawanan.