Petugas melihat kondisi angkutan bus saat pemeriksaan kelayakan kendaraan (ramp check) jelang mudik Lebaran di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Banten, Senin 18 April 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

19 Daerah Tujuan Mudik Gratis Pemprov DKI, Cek Adakah Kampung Halaman Anda

  • Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyelenggarakan program mudik Lebaran 2024 gratis. Program ini dijadwalkan akan dimulai pada 4 April 2024 dan akan mencakup 19 kota/kabupaten di enam provinsi sebagai tujuan mudik gratis.
Nasional
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyelenggarakan program mudik Lebaran 2024 gratis. Program ini dijadwalkan akan dimulai pada 4 April 2024 dan akan mencakup 19 kota/kabupaten di enam provinsi sebagai tujuan mudik gratis.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengungkapkan saat ini mereka sedang dalam proses pemilihan perusahaan otobus (PO) yang akan menjadi penyedia layanan angkutan dalam program mudik gratis tersebut.

“Terdapat 19 kota atau kabupaten tujuan mudik yang tersebar di enam provinsi. Saat ini Dishub DKI Jakarta sedang memilih penyedia jasa transportasi,” kata Syafrin dalam keterangan yang diterima, pada Rabu, 13 Maret 2024.

Dia menjelaskan, terdapat 259 bus yang akan dipergunakan untuk mengangkut peserta mudik gratis, sementara untuk peserta arus balik, disediakan sebanyak 210 bus. Diperkirakan lebih dari 18.000 warga akan memanfaatkan program mudik gratis ini.

Syafrin berharap partisipasi besar masyarakat dalam program ini dapat membantu mengurangi angka kecelakaan dan kemacetan akibat volume kendaraan pribadi selama periode Lebaran 2024.

“Selain berkurangnya penggunaan kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor, selama arus mudik, potensi kecelakaan lalu lintas juga berkurang sehingga pemudik bisa sampai ke kampung halaman dengan selamat,” ungkap Syafrin.

Berikut daftar kota/kabupaten yang menjadi tujuan mudik gratis Lebaran 2024 oleh Pemprov DKI:

Lampung

1. Kota Bandar Lampung

Sumatera Selatan

1. Kota Palembang

Jawa Barat

1. Tasikmalaya

2. Kuningan

Jawa Tengah

1. Kota Tegal

2. Kota Pekalongan

3. Kota Semarang

4. Kabupaten Kebumen

5. Kabupaten Cilacap

6. Kota Purwokerto

Surakarta

1. Kabupaten Wonogiri

2. Kabupaten Wonosobo

3. Kabupaten Sragen

DI Yogyakarta

1. Kota Yogyakarta

Jawa Timur

1. Kota Madiun

2. Kota Kediri

3. Kabupaten Jombang

4. Kota Malang