mumi kepala domba.jpg
Tekno

2.000 Mumi Kepala Domba Jantan Ditemukan di Dekat Makam Ramses II

  • Para peneliti berhasil menemukan lebih dari 2.000 kepala domba jantan yang dimumikan di sebuah kuil Mesir kuno.
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

KAIRO-Para peneliti berhasil menemukan lebih dari 2.000 kepala domba jantan yang dimumikan di sebuah kuil Mesir kuno. 

Tengkorak-tengkorak itu mungkin dipersembahkan sebagai penghormatan kepada firaun Ramses II. Tetapi mumi kepala kambing itu berusia satu milenium setelah kematia Ramses II. Temuan menunjukkan bahwa bahkan setelah 1.000 tahun, firaun itu masih dihormati.

Sebagaimana dilaporkan Live Science Rabu 29 Maret 2023, kepala-kepala kambing ini digali di kuil Ramses II di kota kuno Abydos. Struktur ini dibangun untuk menghormati  firaun yang memerintah Mesir sekitar tahun 1279 SM hingga 1213 SM. Di belakang penemuan ini adalah sekelompok arkeolog dari Institute for the Study of the Ancient World di New York University.

Kuil Ramses II ditemukan 150 tahun yang lalu. Tempat tidak menyimpan sisa-sisa  firaun. Ciri-ciri struktur yang menarik termasuk lengkungan dan pilar batu hitam yang menggambarkan Osiris, yang merupakan dewa Mesir kuno yang diketahui mati dan hidup kembali.

Menyusul penemuannya, Kementerian Pariwisata dan Purbakala di Mesir mencatat bahwa tengkorak-tengkorak ini terlihat ditumpuk di halaman utara kuil. Dr. Sameh Iskander yang mengepalai mencatat  awalnya mereka menemukan potongan tengkorak secara acak. Mereka tidak tahu apa-apa tentang fragmen itu. Namun, dalam perjalanan eksplorasi dan penggalian mereka, mereka menemukan area yang penuh dengan mumi kepala domba jantan.Beberapa tetap perban mumifikasi tetapi kebanyakan dari mereka benar-benar tidak berdaging. 

Ahli Mesir Kuno terkejut dengan banyaknya tengkorak yang digali. Dr Iskander menjelaskan bahwa mereka cukup yakin bahwa tengkorak ditempatkan pada waktu yang sama, jadi itu bukan angka yang dihasilkan dari akumulasi bertahap selama bertahun-tahun.

Apa yang membuat temuan ini semakin signifikan adalah bahwa area tempat tengkorak ditempatkan bukanlah sembarang tempat di kuil kuno. Mereka sengaja dibawa ke kuil yang dipuja untuk dilestarikan.

Para peneliti juga melihat sisa-sisa hewan yang berbeda, termasuk burung unta, rusa, anjing, kambing, dan sapi. Sisa-sisa hewan ini kemungkinan berasal dari sekitar satu milenium setelah  Ramses II meninggal.

Ramses II dikenal karena sejumlah alasan. Pertama, firaun ini memiliki pemerintahan yang sangat panjang yakni 66 tahun. Dia juga memperluas kerajaan Mesir kuno secara signifikan dan menjaga aliansi dengan tetangga.

Dalam karya seni, dia sering digambarkan sebagai "great warrior king". Namun, menurut Britannica, catatan menunjukkan bahwa kecakapan militer Ramses II bisa saja dilebih-lebihkan.