Warga bersiap menaiki transportasi umum di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Senin, 2 Agustus 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Transportasi dan Logistik

2 Agenda Besar Berlangsung di Jakarta Pusat, Simak Link Live CCTV dan Transportasi Umum

  • Para pekerja kantoran di Jakarta khusus hari ini, disarankan menjalani wfh atau berkerja di rumah saja. Adanya kegiatan tersebut guna menghindari kemacetan dan tidak nyaman baik para pekerja maupun para tamu pendatang di acara tersebut.
Transportasi dan Logistik
Prita Lyani Ayuninda

Prita Lyani Ayuninda

Author

JAKARTA – Pada hari ini terdapat dua agenda besar di Jakarta Pusat yaitu, Paus Fransiskus akan mengunjungi misa akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dan Stadion Madya GBK. Kemudian, acara Indonesia Sustainability Forum (ISF) di Jakarta Convention Center (JCC) dilanjut gala dinner di kawasan Monas.

Maka dari itu para pekerja kantoran di Jakarta khusus hari ini, disarankan menjalani WFH atau berkerja di rumah saja. Adanya kegiatan tersebut guna menghindari kemacetan dan tidak nyaman baik para pekerja maupun para tamu pendatang di acara tersebut. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut pantauan lalu lintas dan operasional transportasi umum di Jakarta, yakni:

Transjakarta

Pada transportasi umum ini Transjakarta akan menambah 300 bus yang akan beroperasi di area GBK. Hal ini untuk membantu proses mobilisasi penumpang yang datang, maupun selepas acara selesai. 

Kemudian, jumlah rute yang beroperasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat nanti, sehingga penumpang dapat memenuhi kebutuhan mobilitasnya.  

KRL Commuter Line

Jadwal operasional KRL sama seperti hari biasanya, pada pukul 04.00 – 21.00 WIB. Namun, untuk keamanan dan kenyamanan penumpang pada hari ini, KAI akan menambah petugas keamanan. 

Baca Juga: Transportasi Mau Maju, MTI Sayangkan Anggaran Dipangkas

Maka, terdapat beberapa penambahan tugas keamanan di berbagai stasiun, untuk stasiun Tebet 19 petugas, Stasiun Juanda 24 petugas, Palmerah 29 Petugas dan yang terbanyak di stasiun Manggarai mencapai penambahan petugas hingga 41. 

Menariknya, untuk KAI Jarak Jauh yang berangkat dari stasiun akan berhenti transit di Staiun Jatinegara terlebih dahulu. Hal ini guna menjaga kenyamanan dan keamanan dari para penumpang KAI yang akan mengunjungi misa akbar 

MRT

Pada layanan operasional MRT dibuka seperti biasanya, pukul 05.00 hingga 24.00 WIB, dengan jarak waktu antar rangkaian kereta 5 menit pada jam 07.00 - 09.00 WIB dan 17.00 – 19.00 WIB. Lalu, di luar jam tersebut memiliki selang waktu 10 menit.

Selain itu, MRT Jakarta akan melakukan tambahan petugas keamanan guna antisipasi apabila terjadi kepadatan dan peralatan pendukung seperti pengeras suara dan rambu petunjuk arah Stadion GBK di area stasiun.

Untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi maupun umum Anda bisa memantau melalui cctv milik PT Bali Towerindo Sentra, dapat diakses secara online pada publik, guna semakin fungsional. Berikut link cctv pantauan lalu lintas di Jakarta, dikutip dari website smartcity Jakarta, yakni:

Gelora Bung Karno (GBK):

Bendungan Hilir:

Gelora Bung Karno di Jl Asia Afrika:

Menteng:

Senayan: