<p>Paul Milgrom dan Robert Wilson meraih hadiah Nobel Ekonomi 2020. Dok: The Nobel Prize, Twitter.</p>
Gaya Hidup

2 Ekonom AS Raih Nobel atas Penelitian Lelang

  • JAKARTA – Paul R. Milgrom dan Robert B. Wilson, ekonom asal Amerika Serikat, meraih hadiah Nobel Ekonomi 2020 atas gagasan mereka dalam perbaikan teori lelang dan penemuan format lelang baru. Hal itu diumumkan The Nobel Prize lewat akunnya di Twitter pada 12 Oktober 2020. Milgrom dan Wilson, dua akademisi Universitas Stanford, Amerika Serikat (AS), pernah […]

Gaya Hidup
Gloria Natalia Dolorosa

Gloria Natalia Dolorosa

Author

JAKARTA – Paul R. Milgrom dan Robert B. Wilson, ekonom asal Amerika Serikat, meraih hadiah Nobel Ekonomi 2020 atas gagasan mereka dalam perbaikan teori lelang dan penemuan format lelang baru.

Hal itu diumumkan The Nobel Prize lewat akunnya di Twitter pada 12 Oktober 2020.

Milgrom dan Wilson, dua akademisi Universitas Stanford, Amerika Serikat (AS), pernah membantu merancang lelang frekuensi telepon seluler di AS.

Paul Milgrom dan Robert B. Wilson telah menerapkan ide mereka pada penjualan di berbagai bidang, mulai dari slot pendaratan pesawat hingga kuota memancing. Teori mereka bahkan berkembang hingga mencakup pasar energi terbarukan.

“Mereka telah menggunakan wawasan mereka untuk merancang format lelang baru untuk barang dan jasa yang sulit dijual dengan cara tradisional, seperti frekuensi radio,” kata Royal Swedish Academy of Sciences, dikutip Bloomberg, Senin, 13 Oktober 2020.

Penghargaan Sveriges Riksbank 2020 dalam Ilmu Ekonomi untuk Mengenang Alfred Nobel kembali memilih penerapan disiplin ilmu di dunia nyata setelah beberapa tahun terakhir memilih penelitian inovatif, mulai dari ketidaksetaraan, perubahan iklim hingga ekonomi perilaku.

“Ini berita yang sangat membahagiakan, saya sangat senang,” kata Wilson yang saat ini berusia 83 tahun.

Wilson yang lahir di Nebraska dan belajar di Universitas Harvard adalah penasihat tesis dari sesama pemenang. Sementara, Paul Milgrom yang berusia 72 tahun lahir di Detroit dan meraih gelar Ph.D. bisnis di Stanford pada 1978.

Milgrom dan Wilson, bersama Preston McAfee, terkenal karena lelang simultaneous ascending yang dikembangkan untuk penjualan spektrum Komisi Komunikasi Federal AS tahun 1994. Metode tersebut telah digunakan untuk menetapkan harga pada berbagai hal seperti listrik dan gas.

Milgrom menjadi penasehat pada penawaran umum perdana Google Inc. tahun 2004 dan pernah menjadi penasehat Yahoo! dan Microsoft Corp.