Kantor pusat Bursa Efek Indonesia (BEI) di kawasan Senayan, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Pasar Modal

27 Calon Emiten dalam Pipeline BEI, Sektor Consumer Cyclicals Paling Banyak

  • Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan terdapat 27 perusahaan dalam antrean (pipeline) penawaran umum perdana saham alias iniatial public offering (IPO) per 18 Agustus 2021. Sedangkan, terdapat 740 emiten yang telah melantai di Bursa hingga saat ini.
Pasar Modal
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan terdapat 27 perusahaan dalam antrean (pipeline) penawaran umum perdana saham alias iniatial public offering (IPO) per 18 Agustus 2021. Sedangkan, terdapat 740 emiten yang telah melantai di Bursa hingga saat ini.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna menyatakan terdapat tiga klasifikasi perusahaan berdasarkan nilai asetnya. Hal ini merujuk pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 53 Tahun 2017.

“Sebagai informasi, klasifikasi aset perusahaan yang saat ini berada dalam pipeline merujuk pada POJK Nomor 53/POJK.04/2017,” ujarnya kepada awak media, Kamis, 19 Agustus 2021.

Rinciannya, terdapat 4 perusahaan aset skala kecil dengan nilai dibawah Rp50 miliar, 10 perusahaan aset skala menengah dengan nilai antara Rp50 miliar – Rp250 miliar, serta 13 perusahaan aset skala besar dengan nilai di atas Rp250 miliar.

Secara sektoral, 27 perusahaan dalam pipeline tersebut dibagi menjadi 1 perusahaan dari sektor basic materials, 6 perusahaan dari sektor industrials, 3 perusahaan dari sektor transportation andlogistics, 3 perusahaan dari sektor consumer non-cyclicals

Selanjutnya, 8 Perusahaan dari sektor consumer cyclicals, 1 perusahaan dari sektor technology, 1 perusahaan dari sektor healthcare, 2 perusahaan dari sektor energy, serta 2 perusahaan lainnya dari sektor financials.