<p>Warga menunjukkan uang kertas rupiah baru tahun emisi 2016 usai melakukan penukaran di pusat perbelanjaan di Jakarta, Senin (19/12). Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

3 Alasan Mengapa Anda Perlu Membuat Anggaran Pensiun Sebelum Benar-Benar Pensiun

  • Inilah beberapa alasan mengapa membuat anggaran pensiun sebelum benar-benar pensiun itu sangat penting untuk dilakukan.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Memperkirakan biaya atau anggaran pensiun jauh sebelum Anda pensiun akan membantu Anda memastikan kesejahteraan saat Anda sudah benar-benar pensiun. Selain itu, dengan memperkirakan biaya pensiun, Anda bisa mengetahui apakah tabungan saat ini sudah mencukupi untuk memenuhi kebutuhan ketika sudah pensiun.

Berikut beberapa alasan mengapa membuat anggaran pensiun sebelum benar-benar pensiun itu sangat penting untuk dilakukan.

Anda Lebih Siap Menghadapi Pensiun

Anda mungkin tahu banyak hal dalam hidup. Namun, dalam hal perencanaan pensiun ada ribuan faktor yang dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk menjaga agar finansial Anda tetap aman. Perencanaan pensiun yang matang akan memudahkan Anda untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari sambil menikmati istirahat di hari tua.

Memiliki Kesehatan yang Lebih Baik

Masalah karena uang merupakan sumber utama stres. Menurut American Psychiatric Association, lebih dari 70% orang dewasa kerap khawatir tentang uang dan hal tersebut dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik Anda.

Stres karena finansial dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti kurang tidur, sakit kepala migrain, diabetes, dan penyakit jantung. Selain itu, kekhawatiran karena tidak punya uang ini dapat menyebabkan kecemasan dan depresi yang dapat merampas ketenangan Anda ketika pensiun.

Anak Tidak Akan Merasa Terbebani

Anda tentu sering mendengar istilah ‘sandwich generation’? Sandwich generation merupakan sebutan bagi sekelompok orang yang selain menghidupi anak-anaknya juga harus menghidupi kedua orang tuanya.

Jika Anda memiliki rencana pensiun yang matang dan mencakup penghematan biaya medis atau potensi biaya perawatan jangka panjang, maka Anda tidak perlu bergantung pada keluarga untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Seperti yang Anda lihat, ada berbagai alasan mengapa merencanakan pensiun itu penting. Jika Anda mulai merencanakan pensiun lebih awal, maka pensiun Anda akan jadi lebih baik di masa depan.