Awas! Inilah Bahaya Mengecek Smartphone Saat Bangun Tidur
Tekno

3 Alasan Utama Mengapa Anda Tidak Boleh Tidur di Samping Ponsel Saat Malam Hari

  • Inilah penjelasan mengenai alasan utama mengapa Anda sebaiknya tidak tidur di samping ponsel saat malam hari.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Hampir setiap orang sekarang memiliki ponsel dan sering di bawa ke mana saja termasuk di atas kasur dan ketika akan tidur. Tidak dapat dipungkiri saat ini kita sangat bergantung dengan adanya ponsel atau smartphone.

Ponsel kini semakin terintegrasi penuh dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan adanya ponsel, kita dapat melakukan banyak aktivitas seperti menerima telepon, mengirim pesan teks, menjelajah internet, membalas email, berinteraksi melalui media sosial seperti Instagram dan Twitter, serta masih banyak lagi.

Bahkan dengan smartphone Anda bisa bermain game dan menggunakan berbagai aplikasi untuk menyelesaikan berbagai tugas. Tidak mengherankan jika hal-hal tersebut akhirnya berpotensi mengganggu tidur kita.

Lalu, apakah memang sebaiknya ponsel boleh dibiarkan berada di dekat Anda saat sedang tidur? Mungkin jawabannya adalah tidak, berikut penjelasannya.

Alasan Anda Tidak Boleh Tidur di Samping Ponsel Ketika Malam Hari

Alasan Anda Tidak Boleh Tidur di Samping Ponsel Ketika Malam Hari

Berikut beberapa alasan yang dapat menjelaskan mengapa Anda sebaiknya tidak tidur di samping ponsel ketika malam hari.

1. Membuat Anda Sulit Tidur

Sebuah studi pada tahun 2011 yang diterbitkan di Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan bahwa 9 dari 10 orang Amerika menggunakan beberapa jenis perangkat elektronik satu jam sebelum tidur. 

Ternyata, ketika Anda menggunakan perangkat elektronik, terutama ponsel tepat sebelum tidur, Anda tidak memberikan waktu yang cukup bagi tubuh dan otak untuk bersantai. Bahkan bisa jadi Anda masih terjebak dalam permainan yang Anda mainkan, melihat feeds di Twitter, atau sedang melihat acara yang Anda tonton.

2. Mengganggu Siklus Tidur

Dengan tidak menggunakan ponsel tepat sebelum tidur, Anda dapat mengurangi paparan blue light. Paparan sinar biru atau blue light yang begitu dekat dengan waktu tidur ternyata dapat mengganggu ritme sirkadian Anda.

Itu artinya, blue light dapat mengacaukan jam internal tubuh Anda dengan menunda pelepasan alami hormon melatonin sebelum Anda tertidur.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya Anda perlu menghilangkan adanya efek blue light tersebut, yaitu dengan tidak menggunakan ponsel sama sekali beberapa jam sebelum tidur. Anda juga bisa menerapkan kebiasaan memberi waktu satu jam pada diri Anda agar tidak menggunakan ponsel sama sekali sebelum tidur.

3. Risiko Rendah Terpapar Radiasi

Ponsel dapat memancarkan radiasi non-pengion tingkat rendah, tapi hanya saat sedang digunakan. Satu-satunya efek samping yang diketahui dari radiasi tersebut adalah munculnya panas. Ponsel Anda menjadi panas saat digunakan untuk beberapa saat, dan jika Anda mengangkat ponsel ke atas kepala untuk melakukan panggilan, jaringan tubuh di sekitarnya juga dapat memanas.

Jika Anda khawatir tentang potensi paparan radiasi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, seperti berikut ini.

Itu tadi penjelasan mengenai alasan utama mengapa Anda sebaiknya tidak tidur di samping ponsel saat malam hari.