<p>Inilah kebiasaan buruk saat bekerja dari rumah yang sering diabaikan /freepik.com</p>
Gaya Hidup

3 Cara Hilangkan Kebiasaan Buruk Saat Bekerja Agar Makin Produktif

  • Inilah beberapa cara menghilangkan kebiasaan buruk saat bekerja agar Anda lebih produktif.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Setiap tahun tentu Anda memiliki berbagai resolusi yang ingin Anda wujudkan dalam satu tahun. Akan tetapi, jika Anda masih memiliki kebiasaan yang sama dengan tahun lalu, ada kemungkinan resolusi Anda tidak terwujud. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mulai mencari cara menghilangkan kebiasaan buruk agar semakin produktif dan mampu meraih resolusi dan tujuan yang Anda inginkan. Berikut penjelasannya.

Cara Hilangkan Kebiasaan Buruk Agar Makin Produktif

1. Berpikir out of the box

Jika Anda bekerja menggunakan email dan menyadari bahwa email justru membuat pekerjaan jadi tidak efisien, tidak efektif, dan banyak pekerjaan yang hilang, ada baiknya jika Anda mulai tidak menggunakan email lagi.

Anda bisa mencoba mengidentifikasi cara untuk menghilangkan jenis notifikasi tertentu. Anda juga bisa menganalisis apakah lebih efisien untuk berhubungan dengan rekan kerja dengan cara menelepon, atau menggunakan aplikasi khusus seperti Trello, Click Up dan sebagainya. Pilih tools atau cara yang paling tepat atau baik dan mengurangi adanya distraksi saat bekerja.

2. Belajar mengatakan tidak

Ada banyak alasan mengapa orang terbiasa mengatakan ya di tempat kerja meski itu adalah ide yang sangat buruk. Anda mungkin tidak ingin memberi kesan negatif sebagai seorang karyawan yang suka menolak pekerjaan.

Namun, jika Anda mengambil pekerjaan lebih dari yang Anda mampu, semakin kecil kemungkinan Anda untuk fokus pada pekerjaan yang benar dan memberikan perhatian yang dibutuhkan. Anda bisa mencoba jujur mengenai pekerjaan dan beban pekerjaan Anda untuk menegosiasikan apakah Anda bisa menolak pekerjaan tersebut.

3. Dokumentasikan rencana proyek

Saat Anda dan tim membuat sebuah proyek, ada baiknya jika Anda selalu membuat dokumentasi setiap rencana yang akan dibuat. Hal ini penting dilakukan untuk membantu Anda agar proyek yang dibangun tidak keluar atau menyimpang dari tujuan yang diinginkan. Hindari kebiasaan tidak mencatat atau mendokumentasikan setiap poin perencanaan karena dapat membuat proyek Anda jadi kacau dan tidak efisien.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan kebiasaan buruk saat bekerja agar Anda lebih produktif. Selamat mencoba.