Ponsel
Tekno

3 Cara Lindungi Keamanan Data Akun WhatsApp, Agar Pesan Anda Tidak Mudah Diretas

  • Inilah cara melindungi keamanan data di WhatsApp agar pesan Anda tidak mudah diretas.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Anda tidak dapat menghentikan apa yang WhatsApp bagikan dengan Facebook. Akan tetapi, jika Anda tidak termasuk orang yang bermigrasi ke aplikasi perpesanan alternatif lainnya seperti Signal atau Telegram, Anda perlu melakukan beberapa perlindungan pengaturan privasi berikut ini.

Cara Melindungi Keamanan Data Akun WhatsApp 

Cara Melindungi Keamanan Data Akun WhatsApp 

1. Aktifkan verifikasi dua langkah

Verifikasi dua langkah ditawarkan oleh banyak aplikasi dan Anda layak untuk menggunakannya. Hal ini untuk memastikan tidak ada orang lain yang dapat masuk ke aplikasi atau perangkat Anda selain Anda. 

2. Nonaktifkan pencadangan cloud secara otomatis

Beberapa orang ingin menyimpan percakapan di WhatsApp. Namun, hal itu justru membuat percakapan tersebut rentan terhadap pengintaian karena adanya akses ke iCloud atau Google Drive tempat pesan tersebut disimpan. Hal ini karena percakapan yang dicadangkan tidak memiliki enkripsi langsung di dalam WhatsApp jadi penting untuk menonaktifkan opsi ini.

3. Aktifkan notifikasi keamanan

Anda dapat membuat WhatsApp memperingatkan Anda jika perangkat lain mendapatkan akses ke percakapan pribadi Anda dengan mengaktifkan pemberitahuan keamanan. Anda bisa mengaktifkan notifikasi keamanan ini dengan klik Settings, lalu ketuk Akun, kemudian pilih Security. Ketuk bagian tombol ‘Show Security Notifications’ sampai warnanya menjadi hijau.

Itu tadi cara melindungi keamanan data di WhatsApp agar pesan Anda tidak mudah diretas.