3 Cara Menghadapi Ageism di Tempat Kerja
Gaya Hidup

3 Cara Menghadapi Ageism di Tempat Kerja

  • Inilah beberapa cara untuk menghadapi adanya ageism atau diskriminasi usia di tempat kerja.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Anda mungkin membayangkan bahwa tempat kerja saat ini telah meninggalkan diskriminasi yang ada seperti zaman lalu karena adanya pendidikan yang baik untuk memberikan lingkungan kerja yang inklusif. Meski begitu, diskriminasi usia yang sering disebut dengan istilah ageism ternyata masih ada.

Ageism di tempat kerja adalah ketika karyawan atau pekerja didiskriminasi karena usia mereka. Meski diskriminasi usia ini bisa dialami baik oleh karyawan yang lebih muda dan lebih tua, ageism paling sering berdampak pada mereka yang telah berusia di atas 45 tahun.

Ageism di tempat kerja ini didorong oleh stereotip yang tidak akurat mengenai karyawan yang lebih tua bahwa mereka lebih lamban, keras kepala, dan tidak berpengalaman dengan teknologi.

Cara Menghadapi Ageism di Tempat Kerja

Cara Menghadapi Ageism di Tempat Kerja

Selain menciptakan lingkungan yang inklusif, ada baiknya jika kita juga mengetahui cara menghadapi ageism di tempat kerja dengan melakukan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Investasikan waktu dan sumber daya yang ada untuk belajar. Pastikan Anda terus bertumbuh dengan rajin membaca, mengikuti tren dan mendorong diri Anda untuk melakukan hal yang lebih baik setiap tahun. Anda juga bisa mendapatkan seorang mentor baik di dalam perusahaan Anda saat ini atau di luar yang berdedikasi mendukung kesuksesan Anda.
  2. Buat komitmen untuk melawan stereotip bahwa karyawan yang lebih tua itu tidak nyaman dengan perubahan dan teknologi, rendah energi, dan tidak memiliki ambisi. Padahal, karyawan yang lebih tua justru kaya akan pengalaman mengenai industri dan kelembagaan. Anda juga sebaiknya tidak perlu menceritakan mengenai masa lalu yang indah dan mengungkit usia Anda agar atasan bersikap lunak kepada Anda. Selain itu, jangan percaya bahwa tempat kerja Anda saat ini memiliki utang atas kontribusi Anda di masa lalu.
  3. Posisikan Anda tetap memiliki kinerja yang baik dan tidak kalah dari kolega yang lebih muda. Tidak ada salahnya jika Anda tetap melakukan hal yang terbaik untuk mewakili perusahaan Anda.

Itu tadi beberapa cara untuk menghadapi adanya ageism atau diskriminasi usia di tempat kerja.