Ilustrasi infrastruktur jalan tol Trans Sumatra / Dok. PUPR
Gaya Hidup

3 Fakta Menarik Jalan Tol Cibitung-Cilincing, Salah Satunya Ruas Terpendek di Indonesia

  • Jalan Tol Cibitung - Cilincing memiliki empat seksi terdiri dari seksi I Simpang Susun (SS) Cibitung - Telaga Asih 2,6 km, seksi 2 Telaga Asih - Muara Bakti sepanjang 10,3 kilo meter (km), seksi 3 Muara Bakti - Kanal Banjir Timur 14,35 km, dan seksi 4 Tarumajaya - Cilincing sepanjang 7,52 km.
Gaya Hidup
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Jalan Tol Cibitung - Cilincing memiliki empat seksi yang terdiri dari seksi I Simpang Susun (SS) Cibitung - Telaga Asih 2,6 km, seksi 2 Telaga Asih - Muara Bakti sepanjang 10,3 kilo meter (km), seksi 3 Muara Bakti - Kanal Banjir Timur 14,35 km, dan seksi 4 Tarumajaya - Cilincing sepanjang 7,52 km.

Rencananya, jalan tol seksi 2 dan 3 ditargetkan rampung pada 2022 dengan progres 99,99%. Sedangkan seksi 1 telah doperasikan sejak 2021.

Untuk seksi 4 Jalan Tol Cibitung - Cilincing masih dalam proses pengerjaan dengan progres telah mencapai 71,79%. Berikut  tiga fakta menarik Jalan Tol Cibitung - Cilincing dengan ruas terpendek di Indonesia yang dirangkum TrenAsia.com

Pernah Ambruk

Kontruksi Jalan Tol Cibitung Cilincing seksi 4 di Jalan Sungai Tiram, Kelurahan Marunda, Cilincing pernah  ambruk saat proses pengecoran pada STA 31+128 pada Agustus 2020 lalu.

Terungkap penyebabnya karena kesalahan pekerja (human error). Kontraktor dalam proyek tersebut meremehkan pentingnya perancah dalam konstruksi hingga akhirnya ambruk dan menimpa para pekerja.

Ruas Terpendek di Indonesia

Jika Ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia. Maka Jalan Tol Cibitung - Cilincing memiliki ruas tol terpendek di Indonesia yakni Ruas Cibitung - Telaga Asih dengan panjang 2,6 kilo meter (km).

Tarif tol di jalan tol seksi 1 berlaku untuk golongan I sebesar Rp5.500. Golongan 2 dan 3 sebesar Rp8.000, serta Golongan IV dan V Rp10.000

Pelengkap JORR 2

Jalan tol ini menjadi salah satu Proyek Strategi Nasional (PSN) yang pengerjaannya harus selesai tepat pada waktunya. Konektivitas ini sangat penting untuk menghubungkan kawasan industri di Cikarang dengan Pelabuhan Tanjung Priok.

Nantinya Jalan Tol Cibitung - Cilincing akan melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) yakni jaringan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar/Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 dan 2 yang juga masih dalam proses konstruksi.