<p>Proyek Jalan Tol Manado-Bitung. / pu.go.id</p>
Gaya Hidup

3 Fakta Menarik Jalan Tol Manado-Bitung, Tol Pertama Sulut

  • Jalan Tol Mando-Bitung merupakan salah satu tol di Indonesia yang diresmikan pada 2022 tepatnya pada 25 Februari 2022.
Gaya Hidup
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Jalan Tol Mando-Bitung merupakan salah satu tol di Indonesia yang diresmikan pada 2022 tepatnya pada 25 Februari lalu. 

Jalan tol ini terbentang sepanjang 39,8 kilometer (km) dengan yang terdiri dari ruas Tol Manado-Danowudu sepanjang 26 km dan ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13 km.

Dengan kehadiran jalan Tol Manado-Bitung mampu memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung hanya 30-35 menit. Lebih cepat dibandingkan waktu tempuh sebelumnya yang memakan waktu hingga 1,5-2 jam.

TrenAsia.com rangkum tiga fakta menarik jalan Tol Manado Bitung yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo beberapa hari lalu. 

Dekat dengan Destinasi Wisata

Gerbang Tol (GT) Manado-Bitung berada di lokasi strategis tepatnya di pintu keluar-masuk Peti Kemas Bitung. Sehingga lokasinya dekat dengan beberapa destinasi wisata di sana.

Salah satunya Pulau Bunaken yang terkenal dengan keindahan bawah laut. Kemudian, ada Pulau Lembeh, Pantai Serena, Tugu Trikora, Air Terjun Parom, Waruga Sawangan, Raewaya Hillis, Bukit Pulisan, Pantai Paal, dan tempat destinasi lainnya.

Selain dekat dengan destinasi wisata, GT yang dekat dengan Pelabuhan Petikemas membantu akses logistik dari dan ke Pelabuhan Bitung dengan mudah.  

Mempertahankan Mata Air Aerujang

PT Jasa Marga (persero) Tbk (JSMR) melalui anak usahanya PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) dalam membangun jalan tol ini berhasil mempertahankan Mata Air Aerujang.

Mata Air Aerujang merupakan penyuplai kebutuhan air bersih di Kota Bitung, situs budaya Kota Bitung, dan tempat bersejarah bagi warga Danowudu.

JMB melakukan rekayasa teknik dengan membangun Jembatan Ranowulu di Sta 30+500 agar tidak merusak alam karena Mata Air Aerujang merupakan sumber air yang digunakan oleh masyarakat sekitar.

Jalan Tol Pertama di Sulawesi Utara

Fakta menarik jalan Tol Manado-Bitung ialah menjadi jalan tol pertama yang berada di wilayah Sulawesi Utara (Sulut).

Jalan tol ini terintegrasi dengan kawasan industri dan pariwisata sehingga lokasi tersebut menjadi lebih mudah terjangkau. Sekaligus untuk mendukung peningkatan perekonomian kawasan ekonomi khusus (KEK) Bitung.