Kilang minyak Cilacap milik PT Pertamina (Persero) yang terbakar / Istimewa
Nasional

3 Insiden Kebakaran Kilang Minyak, Ada Balongan hingga Balikpapan

  • Akhir-akhir ini insiden kebakaran yang terjadi di kilang minyak miliki Pertamina begitu menghebohkan publik.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA- Insiden kebakaran yang terjadi di kilang minyak miliki Pertamina selalu menghebohkan publik.

Terbaru, kilang minyak di Balikpapan, Kalimantan Timur dilahap si jago merah pada 15 Mei 2022. Akibat insiden tersebut, lima pekerja dilarikan ke rumah sakit dan satu pekerja dilaporkan tewas.

Selain kilang minyak Balikpapan, berikut TreanAsia.com rangkum kilang minyak yang pernah terbakar: 

Kilang Minyak Balikpapan

Kilang minyak milik PT Pertamina (Persero) di Balikpapan telah mengalami dua kali kebakaran. Kebakaran pertama terjadi pada 4 maret 2022 selama satu jam sebelum berhasil dipadamkan.

Api terlihat menyambar di Plant 3 bravo HCC RU Pertamina Balikpapan, kobaran api sepenuhnya dapat dijinakkan pada pukul 11.45 WITA.

Insiden kedua terjadi pada Mei 2022 akibat insiden tersebut terjadi di Plant 5, akibat insiden tersebut lima pekerja dilarikan ke rumah sakit dan satu pekerja dilaporkan meninggal.

Kilang Minyak Cilacap

Insiden kebakaran pada tangki Kilang Refinery Unit (RU) IV Cilacap terjadi 13 November 2021 lalu sekira pukul 19.20 WIB. Tidak ada laporan korban jiwa dalam insiden tersebut.

Api berhasil dipadamkan total keesokan harinya, tetapi semburan abu dan api yang bersumber dari kilang terlanjur mengotori air dan rumah warga hingga radius 5 kilometer dari lokasi kejadian.

Penyebab kebakaran masih dalam tahap investigasi baik oleh internal perusahaan maupun oleh otoritas kebencanaan.

Sebelum insiden kebakaran pada tangki Kilang Refinery Unit (RU) IV Cilacap juga pernah terjadi pada 11 Juni 2021. Kebakaran terjadi di area 39 Pertamina RU IV Cilacap, api melahap salah satu tangki yang berisi benzena sekira pukul 19.45 WIB.

Tangki minyak dapat dipadamkan setelah kurang lebih satu jam setelah kejadian pada pukul 20.40 WIB.

Kilang Minyak Balongan

Kebakaran terjadi di tangki kilang minyak Balongan pada Maret 2021 dini hari sekira pukul 00.45 WIB dan menyebabkan kobaran yang sangat besar.

Akibatnya ratusan warga terpaksa harus mengungsi ketempat yang aman dengan total pengungsi sebanyak 932 jiwa. Tidak ada korban jiwa dalam insden ini, namun 5 orang mengalami luka dan telah mendapat penanganan medis.