Photo by Maggie My Photo Album: https://www.pexels.com/photo/girl-wearing-white-floral-dress-beside-grass-plant-at-daytime-1134062/
Gaya Hidup

3 Kesalahan Berkebun yang Biasa Dilakukan Pemula

  • Pengalaman setiap orang dalam berkebun tentu berbeda-beda dan kesalahan yang dilakukan pun juga berbeda-beda.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Memulai hobi berkebun dapat membawa perjalanan yang panjang tak berujung. Perjalanan yang dimaksud tentu saja adalah perjalanan seru, menyenangkan, dan perjalanan yang memaksa Anda untuk terus belajar menggeluti bidang ini.

Layaknya perjalanan-perjalanan lainnya, pengalaman setiap orang dalam berkebun tentu berbeda-beda dan kesalahan yang dilakukan pun juga berbeda-beda.

Bagi Anda yang masih pemula dalam menggeluti hobi berkebun, berikut adalah 3 kesalahan yang sebaiknya tidak Anda lakukan kedepannya

1. Menanam terlalu rapat

Saat pertama kali berkebun apalagi di lahan yang sempit, Anda tentunya ingin memanfaatkan kebun Anda semaksimal yang Anda bisa. Satu ide yang mungkin muncul di pikiran Anda tentu saja menanam dengan rapat agar banyak tanaman yang bisa Anda tanam di kebun Anda.

Masalahnya, ketika Anda menanam terlalu rapat tanaman menjadi tidak memiliki ruang yang cukup untuk tumbuh. Sirkulasi udara di sekitar tanaman menjadi berkurang, tanaman akan berebut nutrisi, daun menjadi terlalu lama basah setelah disiram atau terkena air hujan dan lama keringnya, hingga penyakit tanaman akan menjadi akibat yang tidak bisa dihindari.

2. Memilih jenis tanaman  yang tidak cocok dengan lingkungan rumah 

Apakah rumah Anda di dataran rendah dan memiliki suhu yang panas? atau rumah Anda berada di daerah pegunungan dan memiliki suhu yang dingin?

Setiap tanaman memiliki karakteristik tempat tumbuh yang berbeda-besa. Maka pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui jenis tanaman apa yang cocok ditanam di pekarangan rumah Anda.

3. Terlalu banyak menyiram

Saat masih di awal-awal memulai hobi ini, Anda tentu merasa sangat antusias mengenai pertumbuhan tanaman Anda. Sehingga tak jarang, karena terlalu bersemangat Anda menyiram tanaman Anda dengan air terlalu banyak.

Memang tanaman membutuhkan air untuk hidup, namun perlu diketahui bahwa bahkan tanaman yang paling suka air pun memerlukan istirahat dari penyiraman sesekali.

Anda juga dapat memanfaatkan fitur ramalan cuaca di ponsel Anda. Jika ramalan cuaca mengatakan hari ini akan hujan maka jangan siram tanaman Anda. Biarkan tanaman Anda mendapat siraman air alami dari air hujan. Mendapatkan terlalu banyak air hanya akan membuat tanaman Anda mudah busuk.

Nah berikut tadi adalah 3 kesalahan dalam berkebun yang sering dilakukan pemula dan sebaiknya tidak Anda lakukan lagi. Semoga bermanfaat!