<p>Penumpang berada didalam rangkaian kereta api Matarmaja relasi Jakarta-Malang yang diberangkatkan dari stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa, 27 Oktober 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

3 Kesalahan yang Membuat Pengeluaran Saat Liburan Jadi Membengkak

  • Inilah beberapa kesalahan saat liburan yang membuat pengeluaran Anda jadi semakin membengkak.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Liburan adalah hal yang selalu dinantikan banyak orang. Banyak orang yang terbiasa melonggarkan dompet dan menikmati setiap ajakan termasuk jalan-jalan saat liburan.

Meski begitu, kebiasaan tersebut jika dibiarkan terus menerus akan membuat Anda jadi kesulitan dalam hal keuangan. Jika anggaran atau tabungan Anda terbatas, liburan dapat menyebabkan bencana.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga anggaran tetap terkendali, dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

Kesalahan yang Membuat Pengeluaran Saat Liburan Jadi Membengkak

1. Terus menambah daftar hadiah

Kesalahan yang membuat pengeluaran saat liburan jadi membengkak: Terus menambah daftar hadiah

Pertama, mungkin Anda membuat daftar hadiah atau bingkisan apa saja yang akan Anda beli dan bagikan. Kemudian, Anda akan memeriksanya dua kali, menambahkannya lebih banyak, dan sebelum Anda menyadarinya, daftar hadiah Anda sudah menjadi lebih dari dua kali lipat.

Anda tentu ingin berbagi kepada orang lain seperti saudara atau kerabat, tapi sebaiknya tetap batasi pemberian Anda kepada orang-orang terdekat Anda. 

2. Mengatakan ya untuk setiap ajakan

Kesalahan yang membuat pengeluaran saat liburan jadi membengkak: Mengatakan ya untuk setiap ajakan

Ketika liburan tiba, biasanya Anda akan mendapatkan undangan dari teman-teman, baik teman saat sekolah atau saudara Anda. Jika Anda sering merasa tidak enak untuk menolak undangan yang sebetulnya tidak terlalu Anda sukai, maka hal ini akan berpengaruh pada menipisnya kondisi keuangan Anda.

3. Malas merencanakan makan

Kesalahan yang membuat pengeluaran saat liburan jadi membengkak: Malas merencanakan makan

Liburan biasanya membuat banyak  orang melupakan rutinitas sehari-hari, termasuk soal jadwal makanan sehari-hari. Jika dibiarkan, maka Anda akan mengeluarkan uang lebih banyak untuk biaya makan dan bahan makanan yang sudah ada di kulkas justru terbuang dengan sia-sia. Selain membuang bahan makanan, Anda juga membuang lebih banyak uang.

Itu tadi beberapa kesalahan saat liburan yang membuat pengeluaran Anda jadi semakin membengkak.