Meditasi
Gaya Hidup

3 Kunci Meraih Ketenangan Hidup, Ini Kata Para Ahli

  • Sementara itu, ketenangan membawa banyak dampak positif untuk seseorang. Di antaranya adalah menghindari stres dan meningkatkan kepuasan hidup.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Di era yang serba sibuk dan penuh tekanan ini, banyak orang mendambakan ketenangan. Kesibukan yang serba padat, semua orang tergesa-gesa dan sering kali terjebak dalam rutinitas. Semua ini berujung pada hilangnya kesempatan kita untuk merenung dan mencari kedamaian dalam diri. 

Sementara itu, ketenangan membawa banyak dampak positif untuk seseorang. Di antaranya adalah menghindari stres dan meningkatkan kepuasan hidup. 

Rita Watson, MPH, Direktur Kebijakan dan Pendidikan di Departemen Psikiatri menulis untuk Psychology Today kunci ketenangan hidup. Dikutip TrenAsia.com pada Sabtu, 22  Juli 2023. 

1. Bersyukur 

Rasa syukur adalah kunci penting dalam mencari ketenangan. Robert Emmons, Ph.D, seorang profesor psikologi di University of California menulis dalam penelitiannya bahwa perubahan sikap seringkali mengikuti perubahan perilaku. "Dengan menghidupkan rasa syukur dalam diri kita, kita dapat mulai merasakannya saat menjalani hidup,” jelasnya. 

Mempraktekkan rasa syukur dapat dilakukan melalui pengungkapan rasa terima kasih. Bersyukur untuk diri sendiri, keluarga, teman, dan tetangga atau bahkan bisa saja atas hewan peliharaan yang Anda miliki. 

Sering-seringlah tersenyum dan mengucapkan terima kasih. Selain itu, Anda juga dapat memulai jurnal rasa syukur. Jurnal rasa syukur dapat menjadi pengingat setiap hari tentang apa yang membuat kita bahagia. 

Bersyukur adalah cara yang efektif dan sehat untuk mencapai ketenangan pikiran. 

2. Gaya Hidup Sehat 

Untuk mendapatkan ketenangan, penting bagi Anda untuk menghormati orang lain dan diri sendiri. Wujud menghormati diri sendiri dapat Anda praktikan dengan memperhatikan kebutuhan tubuh. 

Mulailah gaya hidup sehat seperti berolahraga dan makan-makanan sehat. Gaya hidup sehat dapat menjauhkan Anda dari rasa stres, depresi, dan kecemasan. 

3. Tiga Hal Baik 

Martin Seligman, Ph.D, seorang psikolog positivisme, pernah mengemukakan metode bernama “Three Good Things” atau tiga hal baik.

Langkahnya cukup sederhana. Setiap malam hari sebelum tidur lakukan ketiga hal berikut. Pertama, pikirkan tiga hal baik yang terjadi kepada Anda hari ini. Kedua, tuliskan ketiga hal tersebut. Dan yang ketiga atau terakhir adalah renungkan peran Anda di kejadian tersebut dan mengapa itu terjadi. 

Momen ini dapat sekaligus menjadi momen evaluasi sehingga Anda bisa lebih mindful dalam menjalani aktivitas sehari-hari. 

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai kunci ketenangan hidup menurut ahli. Semoga bermanfaat!