Ilustrasi uang bekerja money uang dan pekerjaan
Gaya Hidup

3 Langkah Membuat Budget untuk Keluarga Anda

  • 50% pemasukan untuk kebutuhan seperti bahan makanan, biaya perumahan, transportasi, asuransi, penitipan anak, dan pembayaran pinjaman.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Budget penting dibuat untuk mengontrol pengeluaran rumah tangga Anda. Selain itu, budget juga berfungsi untuk menghindari pengeluaran yang tanpa sengaja dan sembarangan. Untuk membuat budget Anda perlu memutuskan bagaimana mengalokasikan uang. 

Dikutip dari laman Nerd Wallet pada Selasa, 25 Juli 2023, budget keluarga adalah rencana uang masuk dan keluar dalam rumah tangga Anda selama periode waktu tertentu. Misalnya satu bulan atau satu tahun. 

Misalnya ketika Anda menentukan pendapatan bulanan Anda dan pasangan untuk berbagai pengeluaran, seperti belanjaan, menabung, berinvestasi, dan melunasi utang. 

Dirangkum TrenAsia.com berikutcara membuat anggaran untuk keluarga Anda. 

1. Mulai dengan Perkiraan 

Akan lebih baik jika Anda memulai langkah pertama ini bersama dengan orang dewasa lain di rumah Anda. Seperti pasangan, anak yang sudah dewasa, atau orang tua. Jadi, carilah tanggal dimana anggota keluarga ini bisa meluangkan waktu untuk diskusi mengenai budget bersama-sama. 

Angela Moore, seorang perencana keuangan bersertifikat dari Orlando mengatakan langkah selanjutnya adalah dengan menciptakan transparansi tentang keberadaan Anda saat ini. Moore bahkan merekomendasikan Anda untuk memulai dengan audit keuangan setiap anggota keluarga. 

Mulailah dengan perkiraan. Catat sejumlah uang yang Anda miliki dalam rekening dan tabungan. Kemudian lanjutkan dengan hutang. Berapa saldo untuk setiap pinjaman Anda. Berapa pembayaran bulanannya dan bagaimana bunganya? 

Jangan lupa untuk memasukkan pengeluaran bulanan yang rutin seperti tagihan listrik, air, dan internet. 

Jumlah yang Anda sebutkan di tahap ini adalah jumlah kisaran tidak perlu dituliskan secara mendetail. 

2. Identifikasi Jumlah Pengeluaran yang Sebenarnya

Setelah selesai dengan langkah pertama, saatnya masuk ke langkah kedua yaitu dengan mengidentifikasi jumlah pengeluaran yang sebenarnya. 

Moore menyebut banyak kliennya yang tidak menyadari berapa banyak uang yang mereka keluarkan hingga sampai pada langkah ini. 

Identifikasi pengeluaran ini dapat Anda lakukan dengan ingatan atau mungkin catatan yang telah Anda setiap selesai melakukan pembayaran. Dari sini biasanya akan ketahuan pengeluaran-pengeluaran yang tidak Anda sadari contohnya bahwa Anda masih membayar langganan yang seharusnya Anda batalkan. 

Tujuan dilakukannya langkah ini adalah untuk memahami kemana perginya uang keluarga Anda. Anda juga akan memiliki gambaran mengenai tabungan, hutang, dan pengeluaran Anda. 

3. Tetapkan Jumlah Pasti 

Setelah mengetahui kemana perginya uang di keluarga Anda, saatnya untuk menganggarkan. Catat gaji bulanan setiap orang. Kemudian gunakan metode 50/30/20 sebagai langkah untuk memulai. 

50% pemasukan untuk kebutuhan seperti bahan makanan, biaya perumahan, transportasi, asuransi, penitipan anak, dan pembayaran pinjaman. 

30% untuk keinginan, seperti liburan, hadiah, atau makan di luar.  20% untuk tabungan, seperti dana darurat atau pensiun, dan pembayaran utang. 

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai 3 langkah membuat budget untuk keluarga Anda. Semoga bermanfaat!