3 Menu Makan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Sahur, Salah Satunya Mie Instan!
Gaya Hidup

3 Menu Makan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Sahur, Salah Satunya Mie Instan!

  • Inilah beberapa menu makanan yang harus dihindari ketika sahur, termasuk mie instan. Makanan apa yang masih sering Anda konsumsi ketika sahur?
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Bulan Ramadan adalah waktu di mana umat muslim diwajibkan untuk beribadah puasa. Salah satu anjuran ketika berpuasa adalah melaksanakan sahur sebelum subuh agar tubuh mendapatkan energi sehingga bisa beraktivitas sehari-hari.

Namun, jika Anda mengonsumsi sembarang makanan untuk sahur, hal ini justru dapat berdampak buruk terhadap tubuh Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui menu makan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi saat sahur, seperti berikut ini.

Menu Makan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Sahur

Menu Makan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Sahur

1. Makanan asin

Garam tidak hanya dapat meningkatkan tekanan darah tapi juga akan membuat Anda lebih haus ketika siang hari.  Makanan asin yang umum dimakan saat sahur antara lain mie instan, makanan olahan seperti keripik, keju asin, dan acar.

2. Makanan yang mengandung lemak tinggi

Lemak sangat penting dalam diet sehari-hari, namun kita justru sering mengonsumsi jenis lemak yang buruk dan dalam jumlah yang banyak. Makanan yang digoreng sangat populer dikonsumsi saat sahur termasuk kue goreng.

Makanan lain yang tinggi lemak yang biasa disantap saat sahur adalah makanan yang mengandung keju, mentega, dan daging olahan. Makanan yang mengandung lemak tinggi dapat menimbulkan heartburn, memperparah GERD, dan peradangan serta memiliki jumlah kalori yang sangat besar. Hal inilah yang dapat membuat banyak orang mengalami kenaikan berat badan selama Ramadan.

Anda juga sebaiknya menghindari lemak jenuh yang terdapat pada produk hewani seperti susu tinggi lemak, daging olahan, dan mentega, serta minyak kelapa dan minyak sawit. Sebagai alternatif, sebaiknya Anda mengganti jenis lemak dengan lemak yang sehat seperti lemak dari minyak zaitun, alpukat, ikan, dan kacang-kacangan.

3. Makanan yang mengandung gula sederhana

Banyak orang menyukai makan makanan manis ketika Ramadan.  Makanan manis memang sarat dengan energi yaitu kalori, tapi tidak akan membuat tubuh Anda tetap berenergi sepanjang hari. Bahkan, makanan dengan gula sederhana justru akan membuat Anda merasa sangat lesu hanya 1 atau 2 jam setelah sahur.

Hal ini karena makanan yang mengandung gula sederhana dapat melepaskan energi dengan sangat cepat dan dalam waktu singkat. Makanan tersebut juga akan meningkatkan kadar gula darah yang menyebabkan pelepasan insulin dalam jumlah besar yang membuat tubuh merasa lelah.

Itu tadi beberapa menu makanan yang harus dihindari ketika sahur, termasuk mie instan. Makanan apa yang masih sering Anda konsumsi ketika sahur?