5 Cara Cerdas Mengajari Anak Mengelola Uang dengan Baik
Gaya Hidup

3 Pelajaran Tentang Uang yang Dapat Jadi Bekal dalam Menjalani Kehidupan

  • Simak penjelasan mengenai pelajaran soal uang yang dapat menjadi bekal Anda dalam menjalani kehidupan.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Kondisi keuangan memiliki peran penting dalam kehidupan apalagi saat Anda telah berkeluarga. Meski keadaan keuangan mengalami pasang surut, ada baiknya jika Anda tetap berusaha untuk menyeimbangkan anggaran untuk bertahan hidup.

Anda mungkin takjub dengan kemampuan orang tua Anda yang mungkin tampak selalu memiliki uang untuk membeli sebagian besar hal yang Anda butuhkan. Akan tetapi, orang tua Anda tentu tidak melakukan hal itu dengan mudah begitu saja, dan pastinya tidak bisa mendapatkan semua yang Anda inginkan.

Oleh karena itu, mengingat Anda saat ini juga semakin tumbuh dewasa atau berkeluarga, maka penting untuk mengetahui pelajaran soal keuangan berikut ini karena dapat Anda jadikan sebagai bekal menjalani kehidupan. Berikut penjelasannya.

Pelajaran Soal Keuangan yang Penting untuk Dijalani

Berikut beberapa pelajaran tentang uang yang akan membantu Anda mencapai tujuan keuangan.

Hidup dengan Biaya Kurang dari Penghasilan Anda

Untuk memperoleh berbagai tujuan keuangan, ada baiknya jika Anda selalu hidup dengan biaya yang lebih sedikit dari apa yang Anda hasilkan. Jika Anda merasa anggaran yang telah Anda buat sudah mencapai batasnya, Anda bisa mengurangi pengeluaran tambahan untuk mengurangi pengeluaran serta hidup dengan lebih hemat. Hal ini memang tidak mudah dilakukan, tapi diperlukan untuk menjamin keamanan finansial.

Selalu Berusaha Menghasilkan Lebih Banyak Uang

Anda dan pasangan bisa terus menerus berusaha mendapatkan uang tambahan lebih banyak. Ada baiknya jika Anda mencoba lebih baik lagi untuk meningkatkan penghasilan. 

Hal itu bisa dilakukan seperti mencari pekerjaan lepas, mengajar kursus, atau memiliki keterampilan baru yang nantinya akan membuat Anda memperoleh kenaikan gaji di tempat kerja. Dengan secara konsisten mengambil inisiatif untuk menghasilkan lebih banyak uang, Anda bisa melipatgandakan jumlah pendapatan tahunan Anda.

Hindari Iri dengan Pembelian Mewah

Hal ini mungkin pelajaran uang yang paling sulit, padahal menjadi salah satu pelajaran yang paling penting. Jika Anda benar-benar ingin menjalani gaya hidup bebas utang dan aman secara finansial, Anda harus berhenti ingin mengetahui kondisi ekonomi orang lain dan fokus pada prioritas Anda sendiri.

Mungkin sangat sulit untuk tidak merasa iri dengan pembelian mewah yang Anda lihat dilakukan orang lain, seperti liburan mewah atau mobil mewah. Akan tetapi, agar Anda benar-benar aman secara finansial, Anda sebaiknya mengabaikan hal-hal tersebut dan lebih fokus pada diri sendiri. 

Itu tadi penjelasan mengenai pelajaran soal uang yang dapat menjadi bekal Anda dalam menjalani kehidupan.