(kanan ke kiri) Direktur Investasi PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. Devin Wirawan bersama Hubungan Investor PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. Ryan Sual dalam Paparan Publik Tahunan Saratoga 2023 di Jakarta, Senin 15 Mei 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Korporasi

3 Program Unggulan Saratoga dalam Penerapan ESG

  • Saratoga percaya keberlanjutan bukan hanya sekedar sebuah tujuan, melainkan prinsip dasar yang menuntun kegiatan perusahaan.
Korporasi
Rizanatul Fitri

Rizanatul Fitri

Author

JAKARTA--PT Saratoga Investama Sedaya Tbk menjadi salah satu perusahaan investasi terkemuka yang berkomitmen pada bidang lingkungan (environmental), sosial (social), dan tata kelola (governance) atau ESG. Saratoga percaya keberlanjutan bukan hanya sekedar sebuah tujuan, melainkan prinsip dasar yang menuntun kegiatan perusahaan. 

Komitmen Saratoga dalam penerapan ESG diketahui melalui portofolio investasi ke arah yang berkelanjutan melalui investasi energi dan terbarukan dan proyek-proyek karbon, seperti PT Xurya Daya Indonesia dan Forest Carbon.

Tak hanya itu, Saratoga mengembangkan beberapa program untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan dengan mengapresiasi dan mengoptimalkan aset alam negara.

Program-program tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

Green Leaders

Green Leaders adalah program yang bertujuan memunculkan kesadaran mengenai pentingnya lingkungan hidup dan alam serta terwujudnya partisipasi aktif untuk menjaga lingkungan dan alam Indonesia.

Bekerja sama dengan Eco-Learning Camp yang dikelola oleh Yayasan Sahabat Lingkungan Hidup, program ini dilaksanakan sejak tahun 2015 dan telah diikuti lebih dari 600 peserta dari berbagai kalangan seperti guru, perwakilan LSM, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh lingkungan dan individu lain dari seluruh Indonesia.

Habitat for Humanity

Habitat for Humanity merupakan lembaga nonprofit yang memiliki tujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu terutama yang berada di daerah yang dikategorikan sebagai area kumuh, miskin dan terpencil.

Edwin Soeryadjaya yang merupakan salah satu pendiri Saratoga telah menjadi pendukung utama Habitat for Humanity Indonesia sejak tahun 2010 dan pada tahun 2018, Edwin dipilih oleh Habitat for Humanity International masuk ke dewan direksinya.

Bekerja sama dengan Habitat for Humanity, Saratoga dalam program pembangunan rumah di wilayah timur pulau Jawa telah menyediakan 7 rumah untuk 26 anggota keluarga di tahun 2022.

Beasiswa

Saratoga telah memberikan beasiswa penuh di tahun 2022 untuk 10 siswa SMK ORA et LABORA yang telah menunjukkan keunggulan akademik dan komitmen untuk masa depan mereka.

Sebagai bentuk kontribusi dalam mengembangkan ekonomi Indonesia, Saratoga terus menjalankan program Entrepeneur Development for the Young (ENVOY). Pada tahun 2022, telah ada 18 orang dari seluruh Indonesia yang terpilih dan berpartisipasi dalam program ini.

Sejak dimulainya program ini hingga tahun 2022, lebih dari 400 pengusaha muda telah menerima manfaat secara langsung dari program tersebut.

Selama enam bulan, peserta program ini diberikan pelatihan kewirausahaan, pembinaan, dan pendampingan usaha yang dilanjutkan dengan enam bulan pemantauan dan evaluasi untuk melihat perkembangan usaha dari pengusaha muda tersebut.

Berdasarkan laporan keberlanjutan PT Saratoga Investama Sedaya Tbk tahun 2022, Saratoga telah mengurangi 14% penggunaan listrik, 63% pengurangan penggunaan kertas dan memberikan Rp979 juta investasi untuk masyarakat.

Sejalan dengan prinsip ESG, Saratoga juga telah mengukuhkan roadmap ESG, menjadi anggota United Nations Global Compat (UNGC) pada tahun 2022 dan memperkuat ESG task force serta membuat kebijakan pelecehan seksual untuk mendukung tempat kerja yang aman inklusif dan suportif.