chatgpt-inix.jpg
Tekno

3 Rekomendasi Alternatif ChatGPT yang Tak Kalah Canggih

  • Inilah rekomendasi beberapa alternatif dari ChatGPT yang bisa Anda coba dan tidak kalah canggih. Selamat mencoba!

Tekno

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Anda tentu sekarang sudah tidak asing lagi dengan ChatGPT. ChatGPT adalah salah satu produk yang dikembangkan oleh OpenAI

Seperti yang telah Anda ketahui, ChatGPT adalah sebuah model bahaya yang merupakan jenis model deep learning yang dapat memahami dan menghasilkan teks. ChatGPT ini bekerja dengan dilatih menggunakan teknik machine learning yang disebut pre-training deep learning, di mana model diberi banyak data teks yang berasal dari berbagai sumber untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan berkomunikasinya.

Oleh karena itu, ChatGPT dapat memberikan respons yang relevan dan bermanfaat berdasarkan input teks yang diberikan oleh pengguna. Bahkan, Anda bisa menggunakan ChatGPT untuk membuat teks atau narasi, bahkan membuat jadwal kegiatan sehari-hari sehingga makin meningkatkan produktivitas Anda.

Meski begitu, perlu diingat bahwa ChatGPT adalah sebuah model komputasional dan tidak memiliki pemahaman dan pengetahuan terkini. Respons yang diberikan oleh ChatGPT juga berdasarkan atas pola-pola yang ditemukan dalam data yang ada saat pelatihan. Tidak hanya itu, ChatGPT juga tidak memiliki akses langsung ke informasi yang terjadi setelah tanggal knowledge cutoff. Oleh karena itu, respons ChatGPT bisa jadi tidak selalu akurat atau terkini, karena keadaan dunia yang selalu berubah.

Melihat hal tersebut, Anda mungkin mulai mencari beberapa alternatif dari ChatGPT. Berikut beberapa alternatif yang bisa Anda coba.

Rekomendasi Alternatif ChatGPT

1. Jasper Chat

Hampir seperti ChatGPT, Jasper Chat adalah alternatifnya yang bisa Anda gunakan jika ingin mendapatkan alat yang lebih komunikatif. Jasper Chat diklaim mampu membuat pengguna berkomunikasi dengan AI lebih mudah tanpa harus memikirkan prompt yang rumit.

Meski begitu, Jasper Chat berbeda dari ChatGPT karena Jasper Chat dibuat untuk penggunaan bisnis seperti pemasaran, penjualan dan sebagainya. Meski begitu, antar muka Jasper Chat diklaim lebih nyaman bagi pengguna dan mudah diakses.

2. Github Copilot X

Github Copilot X adalah alternatif ChatGPT di mana tools tersebut adalah versi eksperimental dari GitHub Copilet, sebuah alat pengembangan yang dikembangkan oleh GitHub dan OpenAI. GitHub Copilot memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk menghasilkan kode secara otomatis berdasarkan konteks dan permintaan pengguna. 

3. Agent GPT

Agent GPT adalah asisten virtual dan chatbot yang bisa menemani kehidupan Anda sehari-hari. Hal ini karena Agent GPT adalah alat canggih yang dapat digunakan untuk membuat chatbot dan aplikasi berteknologi AI lainnya.

Agent GPT dibuat berdasarkan pada arsitektur GPT-3.5 dan dapat digunakan untuk menghasilkan teks berkualitas tinggi secara real-time. Agent GPT juga dapat digunakan untuk membuat, mengkonfigurasi, dan menggunakan agen AI secara otonom agar dapat melakukan berbagai tugas di internet. 

Agent GPT juga memiliki varian lain yaitu Auto-GPT  yang memungkinkan AI untuk bertindak secara mandiri tanpa perlu meminta pengguna untuk melakukan setiap tindakan. 

Itu tadi beberapa alternatif dari ChatGPT yang bisa Anda coba dan tidak kalah canggih. Selamat mencoba!