3 Rekomendasi Ide Usaha Sampingan Cocok untuk Anda dan Pasangan
Gaya Hidup

3 Rekomendasi Ide Usaha Sampingan Cocok untuk Anda dan Pasangan

  • Inilah beberapa rekomendasi ide usaha sampingan atau side hustle yang cocok dilakukan bagi Anda dan pasangan. Selamat mencoba!
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Anda tentu mengetahui ada banyak manfaat dari pekerjaan atau usaha sampingan. Memiliki usaha sampingan adalah salah satu cara terbaik untuk menghasilkan tambahan uang, meningkatkan jumlah tabungan, dan melunasi utang.

Usaha sampingan juga kerap dibutuhkan karena dapat membantu memenuhi kebutuhan dan melonggarkan anggaran. Jika Anda sudah menikah atau memiliki pasangan, ada baiknya jika Anda mulai mencari ide usaha sampingan terbaik agar dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup nantinya.

Rekomendasi Ide Usaha Sampingan untuk Anda dan Pasangan

Rekomendasi Ide Usaha Sampingan untuk Anda dan Pasangan

1. Jual Barang Secara Online

Jika Anda ingin menghasilkan uang tambahan dengan cepat, Anda bisa mempertimbangkan ide untuk menjual barang secara online. Anda bisa memulainya dengan menjual barang-barang lama di rumah Anda yang sudah tidak lagi digunakan.

Selain itu, Anda juga bisa melihat beberapa toko barang bekas lokal atau toko bekas ekspor yang akan membantu Anda membeli berbagai barang dengan harga yang lebih murah dan nanti bisa Anda jual kembali secara online. 

Anda dapat menjual hampir apa saja di e-commerce, seperti mainan, mainan hadiah dari Happy Meal McDonald’s, furnitur, pakaian, perkakas, atau buku. Beberapa tempat terbaik untuk menjual barang secara online dengan mudah adalah Facebook Marketplace atau e-commerce lainnya seperti Shopee, Tokopedia, bahkan Carousel.

2. Membuat Blog 

Jika Anda atau pasangan Anda memiliki hobi untuk menulis, mengedit, dan melakukan pemasaran digital, Anda bisa memulai sebuah blog untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Akan tetapi, penting untuk dipahami bahwa Anda mungkin tidak akan menghasilkan banyak uang dari blog dalam jangka pendek.

Oleh karena itu, Anda harus menjadikan blog Anda sebagai sumber konten yang terpercaya dan memberikan banyak informasi yang berguna kepada konsumen sebelum Anda dapat mempertimbangkan untuk memonetisasi blog Anda.

Anda juga dapat melakukan strategi lainnya untuk mempromosikan blog, yaitu dengan membagikannya melalui media sosial, newsletter, dan sebagainya. Anda juga bisa menggunakan blog ini sebagai wadah portofolio jika Anda ingin memulai karier sebagai penulis lepas.

3. Membuat Podcast

Podcast adalah ide usaha sampingan atau side hustle yang tepat bagi pasangan. Hal ini karena podcast diklaim mampu menghasilkan uang ekstra setiap bulan.

Bahkan pekerjaan sampingan ini dapat menghasilkan banyak uang dan Anda bisa melakukannya dengan nyaman di rumah Anda. Meski begitu sebelum memulai podcast Anda, Anda harus memutuskan beberapa hal seperti topik podcast, format acara, dan bagaimana cara Anda menghasilkan uang dari podcast tersebut.

Membuat podcast bersama pasangan bisa menjadi cara yang menyenangkan bagi Anda. Hal ini karena usaha tersebut selain membuat Anda bisa menghabiskan waktu dengan pasangan tapi juga sekaligus menciptakan sesuatu yang Anda dan pasangan sukai.

Pada umumnya, podcast dapat menghasilkan uang melalui beberapa metode, seperti mendapatkan sponsor dan pemasaran afiliasi atau affiliate marketing. Bergantung pada jumlah pendengar yang Anda miliki, Anda dapat menandatangani kesepakatan dengan merek besar untuk mensponsori acara Anda. Anda juga dapat mempromosikan penawaran afiliasi untuk meningkatkan penghasilan Anda dan menghasilkan lebih banyak uang.

Itu tadi beberapa rekomendasi ide usaha sampingan atau side hustle yang cocok dilakukan bagi Anda dan pasangan. Selamat mencoba!