Gaya Hidup

3 Sebab Anak Muda Menggandrungi Podcast

  • Podcast mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Menurut Oberlo, podcast adalah siaran audio yang terpampang di website maupun platform-platform lainnya.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Podcast mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Menurut Oberlo, podcast adalah siaran audio yang terpampang di website maupun platform-platform lainnya. Tidak berbeda jauh dengan radio, podcast juga hanya menyajikan suara saja. 

Perbedaannya terletak pada jenis audio jika radio menyajikan siaran langsung dan terbatas pada suatu wilayah sedangkan podcast menyajikan sebuah rekaman audio yang dapat didengarkan oleh semua orang di manapun dan kapanpun.

Podcast sebenarnya berasal dari dua istilah yaitu iPod dan broadcast. IPod disini mengacu pada pemutar media digital dari Apple dan cast diambil dari istilah radio broadcast.

Akhir-akhir ini podcast semakin digemari tarutama oleh anak muda. Pendengar podcast juga terus bertambah dari tahun ke tahun. Senuah penelitian menunjukkan bahwa orang secara teratur mendengarkan podcast selama sekitar 5 jam perminggu. Tak ayal mendengarkan podcast menjadi hobi baru yang mulai diminati.

Kira-kira kenapa podcast begitu diminati terutama oleh kalangan anak muda?

1. Topik yang beragam 

Di era yang sudah serba digital ini, Anda dapat menemukan podcast-podcast dengan beragam topik sesuai dengan minat, kebutuhan dan passion Anda. Pilihan topik yang beragam ini juga membuat podcast dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar, berbagi informasi dan pengetahuan hingga hiburan.

2. Akses yang mudah

Podcast dapat Anda akses di beragam platform hingga website secara gratis. Sehingga Anda dapat mengakses podcast dengan perangkat komputer maupun smartphone. Kemudahan akses inilah yang membuat podcast semakin digemari oleh penggunanya.

3. Flexibel

Mendengarkan podcast dapat Anda lakukan dimanapun dan kapanpun. Anda dapat mendengarkan podcast di pagi hari ketika Anda sedang memasak sarapan atau bebersih rumah hingga ketika Anda berpergian, perjalanan ke kantor hingga ketika Anda bekerja. Beberapa platform juga menyediakan fitur download sehingga Anda dapat mengunduhnya untuk didengarkan nanti di daerah yang susah sinyal.

Nah berikut tadi adalah 3 alasan mengapa podcast begitu diminati oleh anak muda. Semoga bermanfaat!