<p>Image Source : Website Bank Indonesia</p>
Industri

3 Sebab Seseorang Takut Diposisikan Sebagai Pemimpin di Sebuah Organisasi

  • Membangun budaya yang merayakan kepemimpinan dan membuatnya benar-benar dapat diakses, terlepas dari jenis kelamin, ras, usia, atau identitas lainnya, dapat membantu setiap orang merasa lebih nyaman melihat diri mereka sebagai — dan bertindak sebagai — seorang pemimpin.
Industri
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA -Penelitian telah menunjukkan bahwa melihat diri Anda sebagai seorang pemimpin adalah langkah pertama yang penting sebelum Anda bertindak sebagai pemimpin. Namun, banyak orang merasa tidak nyaman mengidentifikasi diri mereka sebagai pemimpin. Apa yang mendorong keengganan ini? 

Meskipun ada banyak faktor yang berperan, penelitian terbaru dari para profesor dan peneliti Universitas Michigan yakni Julia Lee Cunningham, Laura Sonday dan Susan Ashford menyoroti peran ketakutan reputasi dalam menghalangi orang untuk melihat diri mereka sebagai pemimpin. 

Dalam penelitian bertajuk “Do I Dare? The Psychodynamics of Anticipated Image Risk, Leader Identity Endorsement, and Leader Emergence”, secara khusus mereka menemukan bahwa ketakutan akan tampak mendominasi, berbeda, atau tidak memenuhi syarat membuat orang-orang di berbagai tempat kerja dan lingkungan akademis cenderung tidak mengidentifikasi diri sebagai pemimpin, yang pada gilirannya membuat mereka cenderung tidak mengambil tanggung jawab kepemimpinan atau dipandang sebagai pemimpin oleh orang lain. 

“Kabar baiknya adalah, mereka juga mengidentifikasi beberapa strategi yang dapat digunakan manajer untuk membantu mengurangi potensi dan dampak negatif dari ketakutan ini, termasuk menghadirkan kepemimpinan sebagai kurang berisiko, secara eksplisit menantang stereotip negatif terkait dengan kepemimpinan, dan memperjelasnya melalui kata-kata dan tindakan bahwa kepemimpinan adalah keterampilan yang dapat dikembangkan siapa pun, bukan kemampuan bawaan,” tulis mereka dalam laman Harvard Business Review, dikutip Selasa, 6 September 2022.

Dalam hal memimpin, identitas diri penting. Melihat diri Anda sebagai seorang pemimpin adalah langkah pertama yang penting di jalan menuju menjadi pemimpin itu sendiri -dan keengganan untuk mengidentifikasi diri sebagai seorang pemimpin dapat menghalangi orang yang cakap untuk mengambil tanggung jawab kepemimpinan. Jadi, mengapa orang sering merasa tidak nyaman dengan menganggap diri mereka sebagai pemimpin?

Meskipun tidak diragukan banyak faktor yang berperan, banyak penelitian menunjukkan bahwa masalah reputasi dapat memainkan peran utama dapat menghalangi orang untuk secara proaktif mengejar tujuan mereka di tempat kerja. Karena itu, kami tertarik pada apakah risiko yang dirasakan terhadap reputasi orang dapat memengaruhi rasa identitas mereka sebagai pemimpin, dan pada gilirannya membuat mereka cenderung tidak memimpin. 

Untuk mengeksplorasi pertanyaan ini, mereka bertanya kepada lebih dari 1.700 peserta termasuk karyawan penuh waktu, mahasiswa MBA, dan taruna Angkatan Udara AS, dan mereka secara konsisten menemukan bahwa semakin banyak orang khawatir tentang risiko reputasi menjadi seorang pemimpin, semakin sedikit kemungkinan mereka akan mengidentifikasi diri sebagai orang nomor satu.

Secara khusus, mereka mengidentifikasi tiga ketakutan reputasi umum yang menahan orang dari melihat diri mereka sebagai pemimpin:

Takut terlihat mendominasi

Banyak peserta dalam penelitian mereka menyatakan keprihatinan tentang pemimpin yang kerap dilihat sebagai suka memerintah, otokratis, atau mendominasi jika seseorang mengambil peran kepemimpinan . Seperti yang dikatakan salah satu orang yang diwawancarai, “Saya tidak ingin terlihat memaksa, atau memanfaatkan [orang] yang lemah. Aku tidak ingin terlihat dingin.” 

Menariknya, sementara banyak penelitian tentang penggunaan kata-kata merendahkan seperti "bossy" untuk menggambarkan pemimpin wanita, mereka menemukan bahwa dalam penelitian, pria dan wanita sama-sama takut untuk tampil dengan cara ini.

Takut terlihat berbeda

Kekhawatiran umum kedua adalah bahwa bertindak sebagai seorang pemimpin akan mengakibatkan disingkirkan dan menerima terlalu banyak perhatian karena berbeda dari orang lain - bahkan jika perhatian itu positif. Seorang peserta menjelaskan, “Saya tidak ingin dipandang atau diidolakan. Saya nyaman memimpin, tetapi pada saat yang sama saya ingin berada di level yang sama dengan orang lain.” Banyak orang khawatir jika menjadi pemimpin, maka harus mengorbankan rasa memiliki dalam kelompok.

Takut terlihat tidak memenuhi syarat

Terlepas dari apakah seseorang benar-benar melihat dirinya sebagai orang yang memenuhi syarat, banyak dari peserta mengatakan takut jika orang lain akan menganggapnya tidak layak untuk menduduki posisi kepemimpinan. Seperti yang dibagikan peserta penelitian wanita, “Saya tahu orang sering mengasosiasikan pria dengan peran kepemimpinan, sehingga membuat saya agak tidak nyaman. Saya khawatir jika saya mencoba mengejar kepemimpinan di bidang saya, orang tidak akan menganggap saya serius.”

Yang pasti, ada pengalaman yang sangat nyata yang sering menginformasikan ketakutan ini, terutama bagi kelompok yang kurang terwakili seperti perempuan dan orang kulit berwarna. Tetapi apakah ketakutan ini dibenarkan atau tidak, penting untuk memahami dampaknya terhadap cara kita memandang diri kita sendiri. 

Dan di seluruh penelitian, mereka menemukan bahwa orang yang melaporkan tingkat ketakutan yang lebih tinggi di sekitar risiko reputasi ini cenderung tidak melihat dirinya sebagai pemimpin. Akibatnya, mereka cenderung tidak bertindak sebagai pemimpin, dan karena itu cenderung tidak dipandang sebagai pemimpin oleh supervisor mereka.

Pada pandangan pertama, ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi. Mengapa persepsi tentang risiko mempengaruhi sesuatu yang sudah mendarah daging seperti identitas? Namun, dari sudut pandang psikologis, efek ini sama sekali tidak mengejutkan. Tidak ada yang suka menganggap diri mereka didorong oleh rasa takut, dan kepemimpinan sering kali datang dengan tantangan besar. 

Jadi, ketika mengejar kepemimpinan terasa berisiko, orang secara tidak sadar mendefinisikan kembali identitas mereka sendiri untuk menghindarinya sebagai pembenaran. Jauh lebih nyaman untuk merasionalisasi keengganan untuk memimpin dengan mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda "bukan seorang pemimpin" daripada mengakui bahwa Anda takut dengan apa yang mungkin dipikirkan orang lain.

Tak Perlu Takut Memimpin

Kabar baiknya adalah, penelitian mereka juga mengungkapkan beberapa intervensi psikologis yang dapat digunakan manajer untuk mengurangi potensi dan dampak ketakutan ini, memungkinkan mereka untuk mendorong lebih banyak orang untuk mengidentifikasi diri dan menjadi pemimpin. 

Pertama,  mempengaruhi persepsi orang tentang risiko reputasi. Dalam satu penelitian, mereka menemukan bahwa peserta yang mendengarkan podcast di mana kepemimpinan dibingkai sebagai risiko, lebih kecil kemungkinannya untuk mengidentifikasi atau bertindak sebagai pemimpin daripada peserta yang mendengarkan podcast yang menggambarkan kepemimpinan sebagai risiko rendah. 

Hal ini menunjukkan bahwa hanya dengan menghadirkan kepemimpinan sebagai kurang berisiko dan berisiko rendah (misalnya, dengan mengklarifikasi bahwa kesalahan kepemimpinan diharapkan dan tidak akan menjadi tanda hitam pada catatan karyawan), manajer dapat membantu karyawan merasa lebih nyaman melihat diri mereka sebagai pemimpin.

Selain itu, manajer juga dapat mengambil langkah-langkah untuk secara eksplisit menangani masalah reputasi karyawan. Dapat dimengerti bahwa orang tidak ingin menyelaraskan diri dengan identitas yang secara stereotip dikaitkan dengan mendominasi, berbeda, atau tidak memenuhi syarat. Organisasi harus menunjukkan melalui kata-kata dan tindakan bahwa siapa pun dapat menjadi pemimpin, dan bahwa mengambil peran kepemimpinan akan dipandang secara positif.

Tentu saja, tidak ada intervensi yang dapat menghilangkan ketakutan reputasi sepenuhnya. Tetapi survei tim konsultan MBA mengidentifikasi strategi yang dapat digunakan manajer untuk membatasi dampak negatif ketakutan ini.

Ketika seseorang memandang kepemimpinan sebagai kemampuan bawaan, ia akan memahami risiko reputasi yang lebih besar dan mengurangi identitas diri mereka sebagai seorang pemimpin — tetapi bagi seseorang yang memandang kepemimpinan sebagai keterampilan yang dapat dikembangkan, efeknya secara substansial diredam. 

Ini mungkin karena orang yang memandang kepemimpinan sebagai keterampilan yang dapat dipelajari mungkin merasa lebih nyaman dengan kemunduran, sedangkan seseorang yang berpandangan sebaliknya mungkin berasumsi bahwa kesalahan apa pun yang diperbuat sebagai pemimpin secara permanen merusak reputasinya dan menunjukkan bahwa dirinya tidak ditakdirkan untuk memimpin. 

Dengan demikian, manajer dapat mengurangi dampak kekhawatiran reputasi pada identitas dengan secara eksplisit menantang gagasan bahwa para pemimpin “dilahirkan bukan dibuat.” Itu berarti memberikan bimbingan dan kesempatan kepada karyawan untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinannya, mengakui kemajuan mereka dalam mengembangkan keterampilan ini (bahkan ketika hasilnya tidak sepenuhnya positif), dan secara terbuka berbagi cerita tentang kegagalan kepemimpinan bersama dengan keberhasilan.

Seperti yang ditulis oleh penulis, pendidik, dan aktivis Paker Palmer,  “Kepemimpinan adalah konsep yang sering kita tolak. Tampaknya tidak sopan, bahkan membesar-besarkan diri sendiri, untuk menganggap diri kita sebagai pemimpin. Tetapi jika memang benar bahwa kita diciptakan untuk komunitas, maka kepemimpinan adalah panggilan setiap orang, dan dapat mengelak untuk bersikeras bahwa itu bukan panggilan. Ketika kita hidup dalam ekosistem erat yang disebut komunitas, semua orang mengikuti dan semua orang memimpin.” 

Membangun budaya yang merayakan kepemimpinan dan membuatnya benar-benar dapat diakses, terlepas dari jenis kelamin, ras, usia, atau identitas lainnya, dapat membantu setiap orang merasa lebih nyaman melihat diri mereka sebagai — dan bertindak sebagai — seorang pemimpin.