Liburan
Gaya Hidup

3 Tips Mudah Tak Boros Saat Liburan

  • Saat liburan, tak jarang kita ingin membeli berbagai barang atau makanan yang banyak dijual di tempat wisata. Untuk menghindari pemborosan, Anda bisa melakukan tips berikut ini.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Saat liburan, tak jarang kita ingin membeli berbagai barang atau makanan yang banyak dijual di tempat wisata. Selain itu, terkadang membeli berbagai macam barang juga bisa menjadi suatu cara untuk menghilangkan stres.

Akan tetapi, hal tersebut juga bisa memicu timbulnya stres lagi, dan bisa berpotensi membuat utang Anda jadi bertambah. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa melakukan tips berikut ini.

1. Mulai dengan Daftar

Cobalah untuk membuat daftar semua pengeluaran untuk liburan yang Anda rencanakan. Hal tersebut termasuk biaya perjalanan, dan apa yang ingin Anda beli saat berada di destinasi wisata.

2. Tentukan Batas Pengeluaran Anda

Agar pengeluaran yang Anda lakukan tidak melebihi budget yang telah ditentukan, Anda juga harus membuat batas pengeluaran yang ingin Anda lakukan. Jangan berencana untuk membelanjakan lebih dari budget Anda.

3. Tetapkan Uang untuk Setiap Kategori

Jika Anda ingin lebih hemat, Anda bisa membuat kategori pengeluaran yang berbeda saat liburan. Anda bisa membuat kategori pengeluaran seperti untuk biaya perjalanan, biaya pembelian souvenir, budget untuk makan, dan sebagainya.

Setelah itu, Anda bisa melacak semua pembelian yang Anda lakukan. Anda juga bisa mengatasi pengeluaran yang berlebihan dengan tetap menggunakan uang tunai agar lebih mudah Anda kontrol.