Maudy Ayundi
Gaya Hidup

3 Tips Simple Mengatur Waktu ala Maudy Ayunda

  • Maudy Ayunda adalah salah satu aktris berbakat Indonesia yang juga cerdas.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

 JAKARTA - Siapa sih yang tidak tahu Maudy Ayunda. Maudy Ayunda adalah salah satu aktris berbakat Indonesia yang juga cerdas. Kecerdasannya ini bahkan menghantarkannya untuk kuliah di Stanford dengan beasiswa LPDP. 

Ia sempat banyak membuat warganet iri sekaligus kagum ketika mengungkapkan kebimbangannya memilih kampus untuk kuliah kala itu. Karena dua kampus terbaik dunia yaitu Harvard dan Stanford, dua-duanya menerimanya sebagai mahasiswa.

Maudy dalam video YouTubenya yang diunggah pada tanggal 12/5/2023 seperti dikutip TrenAsia pada Senin (22/5/2023) mengungkapkan 3 cara sederhana yang kerap ia gunakan untuk mengatur waktu. Apa saja itu?

3 Cara Mengatur Waktu

1. Audit diri Anda

Menurut Maudy penting untuk mengaudit diri Anda dari minggu-minggu atau bulan-bulan sebelumnya yang telah berlalu. Audit kebiasaan-kebiasaan apa yang Anda lakukan. Tujuan dari kegiatan mengaudit diri ini adalah untuk menghilangkan kebiasaan yang tidak menunjang tujuan jangka panjang kita. Karena kebiasaan inilah yang biasanya kerap menjadi distraksi kita untuk tetap produktif.

Maudy sendiri mengungkapkan bahwa bagi dirinya, kebiasan itu adalah scrolling sosial media terutama ketika sore hari menjelang. Scrolling tanpa sadar membuat kita tenggelam dan menghabiskan teralu banyak waktu.

2. Belajar memprioritaskan tugas

Satu prinsip yang juga disebut Maudy dalam videonya adalah prinsip Pareto yaitu bagaimana 20% dari apa yang kita kerjakan dapat membuahkan 80% hasil pekerjaan. Disinilah mengapa penting bagi kita untuk dapat memprioritaskan tugas.

Maudy sendiri menggunakan teknik mengatur tugas dengan Eisenhower Matrix. Eisenhower Matrix dapat membantu kita untuk mengategorikan tugas dalam kategori yaitu untuk dilakukan, dijadwalkan, didelegasikan, dan dihapus.

Baca juga artikel tentang Eisenower Matrix disini 

Maudy juga menambahkan bahwa ia tak secara rutin membuat Eisenhower Matrix. Metode ini biasanya ia lakukan mingguan atau bulanan terutama jika daftar di to do listnya sudah mulai banyak.

3. Jangan multitasking

Maudy sendiri mengungkapkan jika ia sangat menghindari multitasking. Menurutnya, ada banyak transisi yang diperlukan saat kita berpindah dari satu tugas ke tugas yang lain. Dan bukannya membantu kita menyelesaikan banyak tugas, multitasking malah membuat kita lebih lama dalam mengerjakan suatu tugas.

Menghindari multitasking dapat membuat kita lebih fokus pada tugas sehingga hasil pekerjaan akan optimal dan waktu yang diperlukan juga lebih efektif.

Maudi mengungkapkan bahwa ada dua jenis multitasking yaitu micro multitasking dan macro multitasking. Macro multitasking boleh dilakukan karena pada dasarnya kita hanya merencanakan tugas apa yang akan kita kerjakan dalam jangka waktu tertentu. Contohnya dalam minggu ini saya akan membuat essay dan membuat membuat sistem untuk bisnis. Hal ini boleh dilakukan karena pada praktiknya kita tetap fokus pada satu tugas.

Sedangkan micro multitasking mengacu pada beberapa pekerjaan yang dilakukan secara bersamaan seperti membuka dua tab pekerjaan yang berbeda dalam satu waktu.

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai 3 tips sederhana mengatur waktu ala Maudy Ayunda. Semoga bermanfaat!