<p>Rusun Pasar Rumput yang akan dijadikan tempat isolasi mandiri pasien COVID-19 di Jakarta. (Foto: Kementerian PUPR)</p>
Nasional

3 Tower Rusun Pasar Rumput Disiapkan jadi Tempat Isolasi Darurat COVID-19

  • Tiga tower di Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput disiapkan untuk menjadi tempat isolasi pasien COVID-19 di Jakarta.

Nasional
Reza Pahlevi

Reza Pahlevi

Author

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan tiga menara (tower) di Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput disiapkan untuk menjadi tempat isolasi pasien COVID-19 di Jakarta.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid menuturkan pada tahap pertama akan digunakan Tower 1 dengan kapasitas 689 unit satuan rumah susun, dimulai dari lantai 4 hingga lantai 25.

“Kemudian Tower 2 dan Tower 3 rencananya dipakai setelah Tower 1 sudah terisi penuh,” ujar Khalawi, dalam siaran pers, Senin, 28 Juni 2021.

Adapun akses masuk ke lantai 4 sampai dengan 25 menggunakan lift yang berada di Tower 1. Ataupun menggunakan tangga menuju lantai 3, dilanjutkan dengan menggunakan lift di Tower 1.

Khalawi mengungkapkan Rusun Pasar Rumput memiliki total 1.984 unit yang terbagi dalam 3 tower. Setiap unitnya memiliki luas 36 meter persegi dengan ruang tamu atau ruang keluarga, dua kamar tidur, kamar mandi, dan dapur.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, TNI/ Polri serta BNPB agar persiapan Rusun Pasar Rumput untuk tempat isolasi bisa segera selesai dan segera dimanfaatkan mengingat jumlah pasien terus bertambah,” kata Khalawi.

Sementara, Khalawi melanjutkan, pihaknya juga menyuplai kebutuhan pendingin ruangan atau air conditioner (AC) dan kipas angin untuk Rusun Pasar Rumput.

“Jumlah AC yang akan dipasang sebanyak 689 unit dan kipas angin sebanyak 1.378 unit yang akan dipasang di Tower 1,” kata dia.

Khalawi juga mengatakan adanya fasilitas ini diharapkan dapat membuat para pasien Covid-19 yang dirawat menjadi lebih nyaman sehingga mereka bisa lebih cepat sehat kembali.

Menurut Khalawi, pihaknya akan berupaya agar pemasangan AC di unit-unit hunian yang dijadikan tempat isolasi bisa segera selesai dalam waktu dekat. Selain itu, setiap unit rusun serta lorong yang ada juga akan dibersihkan oleh para petugas kebersihan.

Sementara itu, pengadaan meubelair sementara yang akan digunakan oleh pasien Covid-19 akan difasilitasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. (LRD)