<p>LPDP. lpdp.kemenkeu.go.id</p>
Nasional

304 Mahasiswa LPDP Siap Berangkat ke 11 Negara, UGM jadi Universitas Favorit

  • JAKARTA- Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah melaksanakan seleksi penerimaan program beasiswa tahun 2023 angkatan ke-209. Program ini memberikan kesempatan pendidikan kepada 304 mahasiswa Indonesia yang akan mengejar studi di 11 negara tujuan.
Nasional
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA- Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah melaksanakan seleksi penerimaan program beasiswa tahun 2023 angkatan ke-209. Program ini memberikan kesempatan pendidikan kepada 304 mahasiswa Indonesia yang akan mengejar studi di 11 negara tujuan. 

Proses persiapan keberangkatan berlangsung sukses selama satu minggu dari 30 Juli hingga 5 Agustus 2023. Rencananya, angkatan ke-209 yang diberi nama "Asa Gaharu" akan diberangkatkan pada Agustus dan Januari 2024. Nama ini mengandung semangat angkatan ke-209 dalam mengembangkan teknologi, serta memberi perhatian pada isu lingkungan dan keberlanjutan generasi masa depan.

Program beasiswa LPDP, pertama kali didirikan pada 28 Desember 2011 di bawah Kementerian Keuangan Indonesia, bertujuan utama untuk mengalokasikan dana pendidikan dalam prioritas Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Beasiswa LPDP meliputi pendanaan di dalam dan luar negeri, mencakup beasiswa S2, S3, afirmasi, dan pendidikan dokter spesialis.

Melalui beasiswa LPDP, diharapkan para pelajar Indonesia akan memanfaatkan peluang berharga ini untuk mengejar pendidikan lebih lanjut, baik di dalam maupun luar negeri. Hasil pembelajaran ini akan menjadi dasar kuat bagi generasi ini dalam memberikan kontribusi positif bagi negara dan bersaing dalam era yang akan datang.

Salah satu hal menarik adalah minat mahasiswa penerima beasiswa LPDP yang tinggi terhadap Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai tujuan utama studi di dalam negeri. "UGM tetap menjadi tujuan favorit mahasiswa penerima beasiswa LPDP, bahkan mengalahkan skema Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Kemendikbud yang umumnya menuju ke Inggris." Ungkap Direktur Kemitraan dan Relasi Global UGM, Prof. Dr. Puji Astuti.

Tahun ini terjadi peningkatan jumlah mahasiswa penerima beasiswa LPDP yang memilih UGM, sebayak 27% mahasiswa penerima beasiswa LPDP yang memilih UGM, sekitar 85 mahasiswa dari total 304 penerima. Hal ini menunjukkan bahwa UGM masih menjadi salah satu pilihan populer di antara mahasiswa yang menerima beasiswa LPDP.