Tekno

32 Tahun Lalu Terbang Pertama, Siluman F-22 Raptor Kini Menunggu Nasib

  • Pada  29 September 1990 , sebuah pesawat unik lepas landas untuk pertama kalinya di Palmdale, California.
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Pada  29 September 1990 , sebuah pesawat unik lepas landas untuk pertama kalinya di Palmdale, California. Selama penerbangan 18 menitnya, dia mencapai kecepatan sekitar 290 mil per jam dan ketinggian 12.500 kaki sebelum mendarat di Pangkalan Angkatan Udara Edwards.

Pesawat itu adalah YF-22. Pesawat  demonstrator yang kemudian akan  menjadi pesawat tempur siluman F-22 Raptor. Itu adalah model kedua dari program Advanced Tactical Fighter Angkatan Udara Amerika.  Pengujian pesawat  dan validasi berlangsung selama hampir 50 bulan.

Tiga puluh dua tahun kemudian, F-22  membuktikan dirinya sebagai pesawat tempur superioritas udara dan menginspirasi serta menginformasikan pengembangan pesawat tempur generasi kelima lainnya.

Terlepas dari pencapaian dan reputasinya, Kongres dan Angkatan Udara Amerika berselisih mengenai masa depan salah satu pesawat paling canggih tersebut.

Program Advanced Tactical Fighter sendiri tumbuh dari kekhawatiran atas pengembangan jet tempur baru Soviet, khususnya MiG-29 dan Su-27, serta rudal permukaan-ke-udara canggih pada 1980-an.

Pejabat Angkatan Udara khawatir bahwa pesawat tempur F-15 yang baru bisa  usang lebih cepat dari yang diperkirakan. Amerika juga  ingin mengembangkan pesawat tempur baru yang dapat mendominasi langit hingga tahun 2000-an.

Studi pertempuran udara-ke-udara di Vietnam bersama dengan data dari Korea dan Perang Dunia II menunjukkan bahwa superioritas udara paling dapat dicapai ketika pilot menyerang pesawat musuh saat tidak terlihat.

Akibatnya diputuskan bahwa siluman harus menjadi atribut utama dari pesawat tempur berikutnya.  Jet baru akan dibangun dengan konsep "tampilan pertama, tembakan pertama, pembunuhan pertama."

Selain kemampuan siluman, pesawat tempur harus mampu "supercruise"  yakni terbang dengan kecepatan supersonik tanpa menggunakan afterburner-nya.  Juga bisa lepas landas dari landasan yang lebih pendek, penanganan lebih baik daripada F-15, dan lebih mudah dirawat daripada pesawat tempur Angkatan Udara Amerika lainnya.

Tujuh perusahaan mengajukan desain. Pada tahun 1985, hanya dua yang berkomitmen untuk membangun demonstran yang dapat diterbangkan. Keduanya adalah  Lockheed  dan Northrop. Batas waktu untuk tes penerbangan ditetapkan tahun 1990.

Setiap perusahaan memiliki pengalaman merancang pesawat siluman.  Lockheed dengan F-117 Nighthawk, pesawat serang siluman pertama di dunia. Sementara Northrop telah melahirkan  bomber B-2 Spirit.

Untuk pesawat tempur baru, Lockheed bekerja sama dengan Boeing dan General Dynamics . Sementara Northrop bekerja dengan McDonnell Douglas.

Kedua perusahaan memenuhi tenggat waktu 1990. Northrop membangun dua YF-23, sementara Lockheed memproduksi dua YF-22.

Dari dua pesawat yang dibangun,  satu menggunakan mesin YF120 buatan General Electric. Sementara  yang lain memiliki mesin Pratt & Whitney YF119. Ini  memungkinkan Angkatan Udara Amerika untuk mengevaluasi kinerja setiap mesin dengan setiap pesawat.

Northrop YF-23 menjadi yang pertama kali terbang. Pesawat  menghabiskan 15 menit di udara pada 27 Agustus 1990.  Sementara YF-22  terbang untuk pertama kalinya sebulan kemudian.

YF-22 adalah keajaiban futuristik. Pesawat memiliki dua sayap berbentuk berlian, empat sayap ekor trapesium, mesin vektor dorong dengan knalpot seperti slot yang dirancang khusus, dan ruang senjata internal dari mana rudal akan diluncurkan.

Berbeda dengan F-117, bahan penyerap radar YF-22 hanya diterapkan pada beberapa bagian YF-22. Khusunya bagian tepi, rongga, dan area permukaan penting.

YF-22 Terpilih

Tes penerbangan sukses. Baik YF-22 dan YF-23 dengan mudah dapat berlari lebih cepat dari  F-15 dan menunjukkan kemampuan pengisian bahan bakar di udara.

Meskipun YF-23 lebih ringan dan lebih siluman, YF-22 terbukti lebih baik dalam jangka panjang. Pesawawt jauh lebih gesit karena mesin vektor dorongnya dan berhasil mendemonstrasikan peluncuran rudal AIM-9 Sidewinder dan AIM-120  dari teluk internalnya.  Jet tempur juga menerbangkan lebih banyak penerbangan uji daripada YF-23 yakni  72 kali selama tiga bulan.

YF-22 dan Lockheed juga menerima keuntungan lain berkat kinerja cemerlang F-117 dalam Operasi Badai Gurun.  F-117 mempelopori kampanye pemboman 42 hari dan  menunjukkan nilai siluman serta kemampuan Lockheed untuk mengirimkan pesawat terbaik.

YF-22 dengan mesin Pratt & Whitney YF119 akhirnya dipilih oleh Angkatan Udara sebagai pemenang pada April 1991. Sejak itu YF-22 berubah menjadi F-22 dan dijuluki sebagai Raptor.

Produksi awal pesawat tempur tingkat rendah  disetujui pada tahun 2001. Kemudian  diikuti pada tahun 2004 dengan berhasil menyelesaikan evaluasi operasional dan pengujian awal oleh Angkatan Udara Amerika. Produksi tingkat penuh dimulai pada tahun 2005.

Rencana awal  Angkatan Udara Amerika akan  membangun 750 pesawat tempur baru ini. Tetapi  hanya 187 F-22 yang benar-benar dibangun. Sisanya dibatalkan pada tahun 2009 karena keterbatasan anggaran, kinerja F-15 yang memadahi, kurangnya musuh yang layak, dan kebutuhan untuk mengalihkan sumber daya ke F-35.

Meskipun armadanya relatif kecil, Rapto s telah menjadi pesawat tempur superioritas udara yang dominan dan dicintai oleh pilotnya. Penempatan mereka di luar negeri sering dimaksudkan untuk pesan kepada  musuh dan meyakinkan mitra.

Debut tempur

Pada tahun 2014 F-22 melakukan debut tempurnya dengan  membom target ISIS di Suriah dan menghalangi ratusan pesawat Rusia, Iran, dan Suriah yang membahayakan pasukan AS di sana. F-22 juga telah melakukan serangan udara di Afghanistan. 

Memang cukup ironis, jet tempur yang begitu canggih dan mahal akhirnya hanya digunakan untuk melawan musuh yang tidak memiliki kekuatan udara sama sekali. 

Meski Angkatan Udara Amerika terus meningkatkan dan menyebarkan F-22, mereka juga ingin mempensiunkan 33 Raptor tertua pada tahun 2023. Langkah ini  sebagai bagian dari rencananya untuk bertransisi ke empat pesawat tempur yaknni  F-35, F-15EX, F- 16, dan pesawat tempur Next Generation Air Dominance yang sedang dalam pengembangan.

Angkatan Udara Amerika berpendapat bahwa meningkatkan F-22  tua akan sangat mahal. Sementara mereka  perlu memfokuskan sumber dayanya untuk mengembangkan rudal jarak jauh dan NGAD, yang akan menghasilkan pesawat tempur generasi keenam pertama Amerika.

Sekretaris Angkatan Udara Frank Kendall kepada Komite Angkatan Bersenjata Senat mengatakan perlu biaya sekitar US$ 2 miliar untuk meningkatkan 33 pesawat tempur. Atau sekitar US$50 juta setiap pesawatnya. 

Kongres sementara itu khawatir kehilangan pesawat canggih seperti itu tanpa penggantian. Terutama karena Angkatan Udara berencana untuk mempensiunkan F-15C dan mengurangi pesanan F-15EX hingga hampir setengahnya.

Rancangan Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional 2023 versi kongres secara langsung mencegah USAF mempensiunkan 33 F-22.  Sementara Senat juga telah mengindikasikan akan mencegah pensiun Raptor  sampai USAF menunjukkan bahwa hal itu tidak akan mengakibatkan  kerugian dalam kemampuan tempur. .

Akhirnya di usianya yang baru 33 tahun Raptor sudah menemukan dirinya dalam nasib yang tidak jelas. Jet tempur tersebut telah mendekati jurang pensiun di usianya yang begitu muda.