Suasana bongkar muat di area PT IPC Petikemas, Tanjung Priok 2, Jakarta, Selasa, 26 Oktober 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Nasional

333 Eksportir Ekspor dari Pelabuhan Tj Priok, Tembus Rp136,45 Triliun

  • Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memaparkan data statistik DKI Jakarta mengenai aktivitas ekspor melaui Pelabuhan Tanjung Priok. Pada 2020-2021 terdapat 333 eksportir dari 32 Provinsi di Indonesia yang melakukan eksportasi melalui Pelabuhan Tanjung Priuk.
Nasional
Adinda Purnama Rachmani

Adinda Purnama Rachmani

Author

JAKARTA - Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memaparkan data statistik DKI Jakarta mengenai aktivitas ekspor melaui Pelabuhan Tanjung Priok. Pada 2020-2021 terdapat 333 eksportir dari 32 Provinsi di Indonesia yang melakukan eksportasi melalui Pelabuhan Tanjung Priuk.

"Pada 2020-2021 ekspor barang melalui Pelabuhan Tanjung Priok nilainya mencapai Rp136,45 triliun. Sementara untuk nilai ekspor komoditas pertanian yang terdiri dari subsektor, peternakan, hortikultura, kehutanan, perkebunan, tanaman pangan dan perikanan mencapai Rp1,202 triliun dari 130 jenis komoditas yang diekspor ke 71 negara," ucap Riza, dalam keterangan pers yang diterima TrenAsia.com, Sabtu, 1 Januari 2022.

Ariza menilai, secara tidak langsung data tersebut memberikan gambaran mengenai peran Pelabuhan Tanjung Priok tetapi juga meripakan jendela bagi Indonesia di mata Internasional.

"Kegiatan perdagangan dan distribusi barang sangat ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai. Maka untuk menunjang kelancaran distribusi barang Pemprov DKI Jakarta berupaya untuk mengurangi kemacetan dengan penerapan kebijakan transportasi terintegrasi dan penanggulangan banjir, untuk kelancaran, kemanan dan kenyamanan para eksportir uang melakukan kegiatan ekspor melalui Jakarta," ucap Ariza.