4 Alasan Mengapa Ada Orang yang Suka Membeli Barang Mewah, Anda Termasuk?
Gaya Hidup

4 Alasan Mengapa Ada Orang yang Suka Membeli Barang Mewah, Anda Termasuk?

  • Inilah beberapa alasan mengapa ada orang yang mau berbelanja barang mewah meski harganya sangat mahal. Apakah Anda juga termasuk?
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Akhir-akhir barang mewah dan branded kerap diperbincangkan. Ternyata memang konsumsi barang mewah  terus meningkat dari tahun ke tahun, seperti yang dilansir dari laman resmi CPP Luxury.

Tidak hanya itu, pencinta barang mewah juga seolah selalu berusaha membuktikan kesetiaan mereka dengan membelanjakan lebih banyak uang untuk berbagai merek eksklusif dan produk kelas atas.

Bagi sebagian orang, membeli barang mewah tentu hal yang asing. Tidak mengherankan jika banyak orang bertanya-tanya mengapa ada orang yang ingin membeli barang mewah.

Namun ternyata ada alasan tersendiri mengapa ada orang yang hobi membeli barang mewah, berikut penjelasannya.

Alasan Mengapa Ada Orang yang Suka Membeli Barang Mewah

Alasan Mengapa Ada Orang yang Suka Membeli Barang Mewah

1. Prestise dan status

Alasan Mengapa Ada Orang yang Suka Membeli Barang Mewah: Prestise dan status

Kita semua pernah membeli barang dari waktu ke waktu yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Bahkan dalam beberapa kasus, bisa jadi kita membelanjakan sedikit lebih banyak untuk suatu barang daripada yang seharusnya untuk mendapatkan perasaan mewah tersebut. 

Ternyata, prestise dan status adalah dua faktor yang membuat seseorang membeli barang mewah. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Marketing pada tahun 2016 seperti yang dilansir dari CPP Luxury menemukan bahwa kedua faktor tersebut merupakan alasan terbesar mengapa orang membeli barang mewah. Kedua faktor ini didorong oleh keinginan untuk membuat pernyataan tentang diri Anda dan keunggulan Anda. 

2. Merayakan hidup

Kata ‘perayaan’ menunjukkan arti suatu acara gembira yang dinanti-natikan banyak orang. Banyak orang yang juga menandai acara penting dengan suatu perayaan khusus.

Demikian pula yang terjadi pada dunia barang mewah. Barang mewah seperti sebuah simbol tentang merayakan dan menikmati hidup. Salah satu alasan seseorang membeli barang mewah juga karena untuk bersenang-senang.

3. Keaslian

Alasan Mengapa Ada Orang yang Suka Membeli Barang Mewah: Keaslian

Salah satu alasan mengapa banyak orang membeli barang mewah adalah karena mereka percaya bahwa mereka mendapatkan sesuatu yang asli dan otentik. Di zaman di mana banyak produk yang dibuat secara massal, banyak orang ternyata masih mendambakan barang-barang yang dibuat secara unik dan istimewa. Itulah yang mendorong permintaan barang-barang mewah.

4. Investasi

Alasan Mengapa Ada Orang yang Suka Membeli Barang Mewah: Investasi

Bagi banyak orang, gagasan menghabiskan banyak uang demi membeli barang mewah adalah suatu hal yang sia-sia. Namun ternyata bagi sebagian orang, barang mewah contohnya seperti tas Hermes, Chanel dan sebagainya bukan sekadar cara untuk memamerkan kekayaan mereka, melainkan investasi. Salah satu alasan mengapa barang-barang mewah dapat dilihat sebagai investasi yang baik adalah karena nilainya sering naik dari waktu ke waktu. 

Itu tadi beberapa alasan mengapa ada orang yang mau berbelanja barang mewah. Apakah Anda juga termasuk?