Keempat Jenazah Pilot saat disemayamkan di Hanggar Skuadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh
Nasional

4 Awak Pesawat Tempur TNI AU Gugur dalam Insiden Pasuruan

  • Empat orang perwira menengah TNI Angkatan Udara (AU) yang mengawaki Pesawat Tempur Super Tucano gugur dalam insiden pesawat jatuh di Pasuruan. Mereka dimakamkan di Malang dan Madiun, Jumat 17 November 2023.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Empat orang perwira menengah TNI Angkatan Udara (AU) yang mengawaki Pesawat Tempur Super Tucano gugur dalam insiden pesawat jatuh di Pasuruan. Mereka dimakamkan di Malang dan Madiun, Jumat 17 November 2023. Tiga orang Pilot Pesawat Tempur asal Skuadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Untung Suropati Malang. Adapun satu orang lagi dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Madiun.

“Letkol Penerbang (Anumerta) Yuda A. Seta dimakamkan di TMP Madiun,” ujar Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI R Agung Sasongkojati dalam keterangannya, Jumat 17 November 2023. 

Keempat jenazah pilot itu sebelumnya disemayamkan bersama di hanggar Sukadron 21 Lanud Abdul Rachman Saleh. Usai disemayamkan, jenazah atas nama Letkol Penerbang (Anumerta) Yuda A. Seta diterbangkan menuju Lanud Iswahyudi untuk selanjutnya dikebumikan di Madiun sesuai permintaan Keluarga.

Adapun ketiga lainnya yaitu Marsekal Pertama TNI (Anumerta) Subhan, Marsekal Pertama TNI (Anumerta) Widiono Hadiwijaya dan Kolonel Penerbang (Anumerta) Sandhra Gunawan dikebumikan di TMP Untung Suropati Malang. Upacara pemakaman ketiga pilot ini digelar secara militer pada pukul 10.45 dan selesai pada 11.30 WIB dengan dipimpin langsung oleh Panglima Komando Operasi II, Marsda TNI Budhi Achmadi.

Saat memimpin upacara pemakaman, Budhi Achmadi selaku inspektur upacara mendoakan para pilot yang gugur dalam tugasnya itu. “Semoga jalan Dharma Bhakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua dan arwahnya mendapat tempat yang semestinya di alam baka,” paparnya. Keempat pilot yang gugur itu mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama Agung Sasongkojati mengungkapkan awak Pesawat Tempur Super Tucano yang mengalami insiden di Pasuruan, Kamis 16 November 2023. Kadispenau menyatakan terdapat empat personel yang mengawaki dua unit pesawat yang jatuh itu.

“Letkol Pnb Sandhra “Chevron” Gunawan (Komandan Skadron Udara 21), Kolonel Pnb Subhan (Danwing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh), Kolonel Adm Widiono Hadiwijaya (Kepala Dinas Personel Lanud Abdulrachman Saleh), dan Mayor Pnb Yuda A. Seta,” ungkap Kadispenau Marsekal Pertama Agung Sasongkojati dalam keterangannya, Kamis.

Diketahui Letkol Pnb Sandhra berada di depan dan Kolonel Adm Widiono berada di belakang saat mengendalikan pesawat bernomor registrasi TT-3111. Adapun pesawat dengan nomor registrasi TT-3103 dikendalikan oleh Mayor Pnb Yuda yang berada di depan dan Kolonel Pnb Subhan yang berada di kemudi belakang.

Agung Sasongkojati mengungkapkan kedua pesawat itu mulai hilang kontak (lost contact) dari Lanud Abdurachman Saleh Malang pada pukul 11.18 WIB. Dirinya menyatakan bahwa pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano yang diterbangkan oleh empat perwira menengah itu tengah menjalani Latihan formasi rutin. “Kedua pesawat tersebut diperkirakan mengalami accident (kecelakaan),” terangnya.