Ilustrasi bank digital di Indonesia. Infografis: Deva Satria/TrenAsia
Nasional

4 Bank Indonesia dengan Layanan Digital Terbaik Versi The Asian Banker, BCA Paling Unggul

  • Blu sebagai bank digital milik BCA sudah mencatat penyaluran kredit hingga Rp1,75 triliun sementara penghimpunan dananya sendiri sudah mencetak angka Rp4,2 triliun. Jumlah nasabah Blu per akhir kuartal I-2022 pun sudah mencapai 650.000.
Nasional
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Terhitung ada empat bank asal Indonesia yang dengan layanan digital banking-nya berhasil masuk ke daftar Global Top 100 Digital Bank Ranking 2022 dari The Asian Banker, dan di antara keempatnya, Bank BCA Digital (Blu) dari PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) menjadi yang paling unggul.

Di daftar tersebut, Blu BCA menempati urutan ke-65. Sementara itu, Jenius dari PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) menduduki peringkat ke-75.

Kemudian, TMRW dari PT Bank UOB indonesia menempati urutan ke-80, dan Line Bank dari PT Bank KEB Hana Indonesia menduduki peringkat ke-86.

Sebagai informasi, pada akhir semester I-2022, Blu sebagai bank digital milik BCA sudah mencatat penyaluran kredit hingga Rp1,75 triliun sementara penghimpunan dananya sendiri sudah mencetak angka Rp4,2 triliun. Jumlah nasabah Blu per akhir kuartal I-2022 pun sudah mencapai 650.000.

Penyaluran kredit Blu dilakukan secara digital melalui channeling. Sementara itu, layanan kredit digital baru dari Blu direncanakan akan dirilis pada kuartal IV-2022.

Menurut data yang dihimpun TrenAsia, layanan digital banking Blu dari BCA tidak menawarkan bunga kredit seagresif bank-bank digital lainnya. Blu menawarkan bunga 4% pertahun pada produk BluDeposit serta BluSaving, dan 3% pertahun untuk BlueGether.

Jauh sebelum Blu muncul, tepatnya pada tahun 2000, BCA sendiri sudah menjadi bank yang pertama kali menyediakan layanan internet banking bagi nasabah.